Fokus Transformasi Digital, BRI Raih IDX Channel Innovation Awards 2019
Market News
Fahmi Abidin
Senin, 19 Agustus 2019 11:45 WIB
Bank Rakyat Indonesia berhasil memenangkan kategori The Most Innovative Company In Finance Sector di ajang penghargaan IDX Channel Innovation Awards 2019.
Fokus Transformasi Digital, BRI Raih IDX Channel Innovation Awards 2019. (Foto: Ist)

IDXChannel – Emiten PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk berhasil memenangkan kategori The Most Innovative Company In Finance Sector di ajang penghargaan IDX Channel Innovation Awards 2019.

“Pertama-tama bersyukur atas award Best Innovation (kategori Finance Sector). Ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi kami, semakin memotivasi juga BRI untuk terus tidak berhenti berinovasi, supaya BRI tetap relevan dan juga dicintai oleh nasabahnya melalui inovasi-inovasinya,” ungkap pihak PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia, pada Rabu (14/8).

Sejatinya, setiap perusahaan pasti melakukan perubahan dan berinovasi, namun lebih penting adalah terus bertransformasi. “Jadi kami melakukan berbagai transformasi, antara lain melalui transformasi digital, di aspek bagaimana semua sedapat mungkin memanfaatkan teknologi digital dalam hal memberikan pelayanan. Supaya lebih cepat, lebih efisien melalui proporsi bisnis yang jauh lebih diotomasi.”

Transformasi digital yang dilakukan BRI salah satunya dalam rangka penyediaan pinjaman, penyediaan layanan digital atau online kepada masyarakat. Kedua melalui bagaimana BRI transformasi secara bisnis model.

Untuk memberikan model-model baru dalam layanan supaya lebih bisa diterima oleh masyarakat, atau kaum millenial, juga segmen-segmen baru yang selama ini belum tersentuh oleh BRI. Misalnya dalam hal memberikan layanan kepada segmen yang lebih kecil, lebih cepat, lebih pendek waktunya. Dan juga membangun ekosistem digital agar BRI bisa mendukung berbagai kegiatan digital baik dengan para pelaku digital maupun dengan membangun ekosistem.

Melirik dari sejarahnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank milik pemerintah di Indonesia yang berdiri sejak 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirajaatmadja.

BRI selama 7 tahun berturut – turut mampu mempertahankan prestasinya sebagai bank dengan laba terbesar dan dengan asset terbesar. Keberhasilan yang telah diraih BRI tak lepas dari upaya dan juga kerja keras segenap insan BRI yang secara terus menerus melakukan inovasi dan mengembangkan produk juga jasa perbankan yang diberikan bagi semua segmen bisnis.

BRI fokus pada segmen UMKM, berbagai cara terus dikembangkan BRI mulai dari produk consumer banking dan layanan institutional yang diperuntukkan bagi masyarakat perkotaan.

Menutup kuartal I-2019, PT Bank Rakyat Indonesia berhasil mencetak laba bersih konsolidasi sebesar Rp8,20 triliun, tumbuh 10,42% (year-on-year/yoy). Hal yang mendorong profitabilitas adalah penyaluran kredit yang tumbuh hampir 13% pada tiga bulan pertama tahun ini. (*)

Baca Juga