Inovasi di Tengah Disrupsi, Tantangan Perusahaan Menghadapi Era 4.0
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 14 Agustus 2019 13:30 WIB
Pada era 4.0, perubahan dan inovasi adalah keharusan bagi sebuah perusahaan jika ingin bertahan, memenangkan kompetisi, dan menjadi pemimpin di Industri.
Inovasi di Tengah Disrupsi, Tantangan Perusahaan Menghadapi Era 4.0. (Foto: IDXChannel)

IDXChannel -  Pada era 4.0, perubahan dan inovasi adalah keharusan bagi sebuah perusahaan jika ingin bertahan, memenangkan kompetisi, dan menjadi pemimpin di Industri. Era disrupsi sejatinya "menggulung" banyak sektor usaha, sehingga inovasi menjadi kewajiban bagi para pemimpin perusahaan.

Tapi tidak mudah, Karena inovasi mensyaratkan banyak hal. Bill Gates mengatakan bahwa Inovasi adalah pergerakan yang sangat cepat. Dia juga menyebut bahwa Inovasi  membutuhkan kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi ide-ide dengan orang lain, dan duduk dan berbicara dengan para pelanggan dan mendapat saran dan mengerti kebutuhan mereka.

Steve Job mengilustrasikan cara terbaik dalam berinovasi adalah segera mengakui kesalahan dan melanjutkan meningkatkan inovasi lainnya.

"Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations."

Karena pada akhirnya, seperti kata Peter F Dracker, Konsultan Managemen dan Penulis Austria, bahwa "Business has only two functions - marketing and innovation".

Dasar pemikiran di atas akhirnya membuat IDX Channel menggelar acara IDX Channel Innovation Award 2019. Acara bertema "The Award For Innovative Listed Companies And Innovative Leaders" ini bertujuan untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada pemimpin-pemimpin perusahaan terbuka (emiten), yang telah melakukan banyak inovasi sehingga berhasil melakukan perubahan terhadap kinerja perusahaan.

Bertemakan "The Award For Innovative Listed Companies And Innovative Leaders" ini bertujuan untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada pemimpin-pemimpin perusahaan terbuka (emiten), yang telah melakukan banyak inovasi sehingga berhasil melakukan perubahan terhadap kinerja perusahaan

Seleksi penjurian terhadap 649 perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) telah berlangsung sejak Juni 2019. Dengan mendasarkan Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance (GCG), dan Inovasi.

Malam apresiasi kepada para emiten di pasar modal Indonesia bertajuk IDX Channel Innovation Awards 2019 segera dilaksanakan di Main Hall, Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (14/8). Sebanyak 8 kategori akan diperebutkan oleh berbagai perusahaan di berbagai sektor. (*)

Baca Juga