AALI
9725
ABBA
394
ABDA
0
ABMM
1420
ACES
1220
ACST
232
ACST-R
0
ADES
3000
ADHI
1025
ADMF
7725
ADMG
198
ADRO
1815
AGAR
330
AGII
1505
AGRO
1925
AGRO-R
0
AGRS
176
AHAP
81
AIMS
456
AIMS-W
0
AISA
206
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
920
AKRA
4190
AKSI
424
ALDO
1035
ALKA
244
ALMI
250
ALTO
272
Market Watch
Last updated : 2021/12/03 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
501.87
-1.3%
-6.63
IHSG
6538.51
-0.69%
-45.31
LQ45
938.93
-1.11%
-10.56
HSI
23766.69
-0.09%
-22.24
N225
28029.57
1%
+276.20
NYSE
0.00
-100%
-16133.89
Kurs
HKD/IDR 1,845
USD/IDR 14,395
Emas
819,409 / gram

Jadilah Investor Cerdas, Begini Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal!

MARKET NEWS
Shifa Nurhaliza
Jum'at, 22 Oktober 2021 14:01 WIB
Cara mendaftar sekolah pasar modal saat ini sangat mudah dan canggih.
Jadilah Investor Cerdas, Begini Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal! (Foto: Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal)
Jadilah Investor Cerdas, Begini Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal! (Foto: Cara Mendaftar Sekolah Pasar Modal)

IDXChannel - Cara mendaftar sekolah pasar modal saat ini sangat mudah dan canggih. Sekolah Pasar Modal (SPM) dihadirkan untuk menjawab kekhawatiran banyak orang yang masih takut untuk berinvestasi di pasar modal dan memberikan strategi menarik bagaimana inevstor memilih saham

Sekolah Pasar Modal merupakan program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala dan resmi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI menegaskan bahwa seluruh lapisan masyarakat umum dapat ikut dan menjadi peserta SPM jika sudah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Agar terhindar dari krisis keuangan di masa depan, maka Sekolah Pasar Modal ini sangat terbuka untuk umum baik itu karyawan, pengusaha, mahasiswa hingga ibu rumah tangga yang ingin belajar berinvestasi.

Nantinya di sekolah pasar modal Anda bisa belajar dan memahami secara bertahap dan lengkap apa itu investasi, instrumen atau jenis-jenis investasi yang ada, serta strategi hingga cara mengolah asset. Sekolah pasar modal ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang secara tatap muka dan juga online.

Melalui sekolah pasar modal ini, nantinya Anda akan belajar mengenai investasi dan juga berinteraksi langsung dengan pengajar ataupun pembicara professional yang berpengalaman di bidang investasi. Dengan interaksi dan pembelajaran yang Anda dapatkan, nantinya akan membantu Anda lebih baik dalam memahami apa itu investasi dan strateginya.

Jika Anda mengikuti sekolah pasar modal, nantinya akan banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti:

1. Mendapatkan edukasi dan penjelasan yang benar dan valid tentang investasi. Hal ini dianjurkan agar nantinya Anda tidak mudah termakan berita terkait pasar modal. Anda akan memahami berita-berita tersebut dengan mencari tahu dari sumber yang terpercaya dan dengan ilmu yang didapat dari Sekolah Pasar Modal.

2. Mendapatkan edukasi dan informasi baru terkait saham, pasar modal Syariah dan reksa dana.

3. Mendapatkan pembelajaran terkait cara memilih jenis investasi yang paling tepat untuk Anda.

4. Sekolah pasar modal akan membuat Anda lebih percaya diri dalam berinvestasi dan semakin berani dalam berinvestasi.

5. Mendapatkan informasi terkait lembaga di pasar modal yang menyediakan fasilitas dan perlindungan untuk para investor.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon peserta sekolah pasar modal yakni:

1. Calon peserta berusia minimal 17 tahun
2. Memiliki Kartu Tanda Pengenal (KTP)

3. Memiliki NPWP untuk yang sudah bekerja, namun tidak wajib bagi ibu rumah tangga dan juga mahasiswa.

4. Memiliki rekening tabungan secara pribadi

5. Memiliki alat belajar pribadi seperti PC, Laptop atau gadget dan juga akses Internet yang memadai untuk melakukan pemutaran materi pembelajaran dalam bentuk video.

Sekadar informasi, untuk mengikuti kelas investasi biasanya Anda dikenakan biaya minimum Rp100.000 yang nantinya akan langsung dialokasikan sebagai dana investasi pertama Anda baik sebagai bentuk saham pada bursa efek.

Dengan biaya tersebut peserta sudah bisa menikmati beragam benefit seperti seminar, pembukaan rekening efek dengan modal awal Rp100.000, materi digital, sertifikat digital, konsumsi, materi dan sertifikat kegiatan dalam format digital. Selain benefit tersebut, maka benefit lain yang bisa Anda dapatkan yakni, kesempatan belajar secara langsung dari mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi.

Selanjutnya, adapun cara mendaftar jadi peserta untuk belajar investasi di sekolah pasar modal (SPM) yang dihadirkan langsung oleh BEI yaitu:

1. Klik link ini https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/pendaftaran/kelas (untuk kelas tatap muka/langsung) atau klik ini https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/pendaftaran/kelas# (untuk kelas online)

2. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Nanti akan tersedia 3 kategori berbeda yang masing-masingnya terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan, seperti:
: SPM – Reksadana
: SPM – Saham
: SPM Syariah – Saham

Dengan Level:

(1) Untuk yang belum pernah mengikuti kelas sekolah pasar modal sebelumnya

(2) Untuk yang sudah mengikuti kelas sekolah pasar modal level pertama

Sekolah pasar modal ini hanya tersedia di dua daerah yaitu, Jakarta Pusat dan Surabaya jika mendaftar untuk kelas tatap muka langsung.

3. Setelah selesai memilih, di bagian bawah akan tersedia pilihan kelas beserta informasi jadwal dan kuotanya.

4. Setelah memilih, dibawahnya akan terdapat button ‘Ya, Saya belum menjadi investor Saham/Reksadana’ yang harus diklik untuk peserta yang memilih SPM-Level 1. 

Untuk SPM-Level 2 bisa mengklik link ini https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/pendaftaran/kelas.

5. Setelah mengklik button atau link di atas, Anda akan diarahkan ke page yang berisi informasi lengkap kelas investasi berupa tanggal dan jam kelas dimulai, alamat lengkap lokasi kelas/seminar untuk yang mengikuti kelas tatap muka.

6. Sedangkan untuk yang mendaftar kelas online akan diberitahukan jam dan kelas online juga informasi link untuk kelas online.

Selain itu, Anda juga harus segera menyiapkan dokumen yang perlu discan untuk memenuhi persyaratan pendaftaran. Setelah pengisian data lengkap dan selesai, berikutnya klik setuju dan checklist sebagai keterangan Anda setuju terhadap peraturan dan persyaratan yang diterapkan.

7. Terakhir kamu klik button DAFTAR SPM – SAHAM/REKSADANA untuk menyelesaikan registrasi pendaftaran. (snp)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD