Mengenal Kristalina Georgieva, Kandidat Tunggal Bos IMF Pengganti Lagarde
Market News
Fahmi Abidin
6 hari yang lalu
(IMF) pada Senin (9/9) waktu setempat mengumumkan perihal pertimbangan pencalonan Kristalina Georgieva sebagao bos IMF.
Mengenal Kristalina Georgieva, Kandidat Tunggal Bos IMF Pengganti Lagarde. (Foto: Ist)

IDXChannel – Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin (9/9) waktu setempat mengumumkan perihal pertimbangan pencalonan Kristalina Georgieva asal Bulgaria, Kepala Eksekutif Bank Dunia, untuk menjadi bos IMF baru.

Pencalonan tersebut sehubungan dengan pengunduran diri Christine Lagarde sebagai Kepala IMF sejak 12 September lalu tak lama sejak ia dicalonkan menjadi Presiden Bank Sentral Eropa (ECB).

Peraturan IMF yang sebelumnya melarang pengangkatan seorang kandidat yang berusia 65 tahun atau lebih, sebagai direktur pelaksana. Selain itu aturan IMF juga melarang direktur pelaksana untuk menjabat melewati usia 70 tahun. Setelah pertimbangan IMS menyetujui penghapusan batas usia untuk posisi direktur pelaksana.

Berkat keputusan tersebut, Georgieva yang berusia 66 tahun dapat melaju ke kursi pimpinan pinjaman multilateral tersebut. Sesuai pilihan Uni Eropa, Georgieva menjadi calon tunggal untuk posisi tersebut karena pengajuan nominasi sudah ditutup pada Jumat pekan lalu.

Pelaksanaan pemilihan akan dilakukan sesegera mungkin, paling lambat pada 4 Oktober. “Georgieva telah mengonfirmasi kesediaan untuk dipertimbangkan sebagai kandidat,” kata dewan eksekutif dalam pernyataan tersebut.

Georgieva akan menjadi warga negara Eropa Timur pertama yang memimpin IMF. Pasalnya, sudah lebih dari tujuh dekade posisi ketua IMF selalu diduduki oleh orang Eropa Barat sedangkan jabatan tertinggi Bank Dunia diduduki orang Amerika. (*)

Baca Juga