Pengamat: Perumahan Mewah di Atas Thamrin City Aneh!
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 26 Juni 2019 18:00 WIB
Belum lama ini publik dihebohkan oleh foto perumahan yang dibangun di atas gedung bertingkat Thamrin City.
Pengamat: Perumahan Mewah di Atas Thamrin City Aneh! (Foto: Twitter)

IDXChannel - Belum lama ini publik dihebohkan oleh foto perumahan yang dibangun di atas gedung bertingkat. Pasalnya, gedung tersebut adalah salah satu pusat perbelanjaan yang cukup ramai di Jakarta, tepatnya Thamrin City.

Tak pelak publik pun bertanya-tanya perihal legalitas dan juga keamanan rumah-rumah ini. Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia Anton Sitorus pun urun suara menanggapi isu tersebut. Ia menerangkan, rumah di atas gedung ini bukan yang pertama di Jakarta.

"Rumah di atas mal itu sudah ada sejak lama. Seperti di Mall of Indonesia (MoI) Jakarta Utara. Tapi terus terang saya sebenarnya melihatnya aneh," jelasnya saat ditemui di Panin Tower, Jakarta (26/6).

Keanehan ini didasari oleh perizinan perumahan yang bernama Cosmo Park itu. Menurut keterangan salah seorang agen properti terkait, meskipun berbentuk rumah, Cosmo Park tetap digolongkan pada hunian bertingkat. Jadi sistem kepemilikannya pun sama dengan pembelian apartemen.

"(Sertifikatnya) dia pakai Strata Title di atas HGB (Hak Guna Bangunan) kayak apartemen," terang agen tersebut.

Perizinan Strata Title ini persis seperti yang disangkakan Anton. Padahal berdasarkan penilaian Anton, jika memang Cosmo Park adalah apartemen, lantas kenapa berwujud perumahan. Ia menganggap, prosedur untuk apartemen dan rumah seharusnya berbeda.

“Penanganan struktur dan safety itu terpisah sendiri, ada penanganan sendiri. Kalau rooftop itu kan wajarnya dipakai untuk fasilitas (saja),” tegasnya. (*)

Baca Juga