Pepsi Hengkang, Coca Cola Tambah Investasi di Indonesia
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 04 Oktober 2019 17:00 WIB
PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) menambah Investasinya di Indonesia. Perwujudan dari langkah ini dengan membangun pabrik di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.
Pepsi Hengkang, Coca Cola Tambah Investasi di Indonesia. (Foto: Ist)

IDXChannel – PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) menambah Investasinya di Indonesia. Perwujudan dari langkah ini dengan membangun pabrik di wilayah Pasuruan, Jawa Timur (Jatim).

Investasi pabrik ini diresmikan pasca kabar perusahaan pesaingnya yakni PepsiCo tidak melanjutkan produksinya di Indonesia per 10 Oktober 2019.

Dikatakan Direktur Jenderal Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Abdul Rochim, ia mengapresiasi langkah perusahaan untuk mendorong produksi dalam negeri. Dia juga berharap hal ini bisa memberi efek berganda untuk ekonomi nasional, terutama di wilayah Jatim.

"Setelah beroperasi di Indonesia selama 27 tahun, diharapkan CCAI semakin memperkuat komitmennya dalam membuka lapangan kerja, memajukan industri, dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara dengan tetap memperhatikan prinsip industri hijau," kata Rochim, pada Jumat (4/10).


Dirinya memastikan pemerintah akan menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif dengan mempermudah izin usaha dan memberikan insentif fiskal maupun non fiskal.

"Kami menyambut baik langkah CCAI yang telah menambahkan investasi di sembilan pabrik produksi, dengan 38 lini produksi dan sembilan lini produksi botol preform, serta telah menyerap tenaga kerja lebih dari 9.000 karyawan,” Ujarnya.

Sekadar informasi, selama enam bulan pertama di tahun ini realisasi investasi di sektor minuman mencapai Rp1,43 triliun, untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan 68,72 juta dolar AS untuk penanaman modal asing. Adapun sektor industri ini tumbuh 22,74 persen untuk periode yang sama. (*)

Baca Juga