SAH! Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur BI
Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 11 Juli 2019 18:30 WIB
Setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), Destry Damayanti resmi ditetapkan menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI).
SAH! Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur BI. (Foto; Ist)

IDXChannel – Setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), Destry Damayanti resmi ditetapkan menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI). Dengan demikian, ia akan menggantikan Mirza Adityaswara yang habis masa jabatannya akhir Juli 2019.

Sekadar diketahui, Destry merupakan calon tunggal Deputi Gubernur BI yang diajukan Presiden Joko Widodo. Fit and proper test sendiri dilakukan di Komisi XI DPR RI pada Rabu 1 Juli 2019.

“Komisi XI kami sudah memutuskan secara aklamasi. Dengan dihadiri 9 fraksi dari 10 fraksi yang ada. Memutuskan untuk Deputi Gubernur Senior saudari Destry Damayanti," ungkap Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng di DPR RI, Jakarta, Kamis (11/7).

Ia menjelaskan, dengan Deputi Gubernur Senior yang baru ini semoga BI harus independen seperti mengatur moneter secara baik. DPR juga akan mengirimkan surat kepada pemerintah agar pemilihan deputi BI ini lebih dari satu.

“Karena dengan banyaknya calon tidak ada persepsi BI tidak independen. Kalau di kirim satu kan keliatan tidak independen,” pungkasnya.

Destry sejatinya bukan sosok asing di industri keuangan, ia pernah menjabat sebagai anggota dewan komisioner LPS, lulusan Master of Science dari Cornell University tersebut pernah menduduki beberapa jabatan penting di industri keuangan.

Ia juga pernah menduduki jabatan mulai dari Kepala Ekonom Bank Mandiri, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Direktur Eksekutif Mandiri Institute, hingga Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. (*)

Baca Juga