Tiket Murah Diprotes, Bos AirAsia: Pemerintah Jangan Terlalu Mengatur
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 05 Juli 2019 11:30 WIB
CEO AirAsia Tony Fernandes akhirnya sumbang suara kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga tiket maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC).
Tiket Murah Diprotes, Bos AirAsia: Pemerintah Jangan Terlalu Mengatur. (Foto: Ist)

IDXChannel - CEO AirAsia Tony Fernandes akhirnya sumbang suara kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga tiket maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC).

"Untuk pemerintah Indonesia, saran saya jangan terlalu mengatur. Regulasi itu bisa mematikan bisnis. Biarkanlah pasar menentukan, biarkan customer yang memutuskan sesuatu terjangkau atau tidak untuk mereka" katanya saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Ia menilai, persaingan transportasi udara termasuk mengenai penerapan harga tiket seharusnya menjadi strategi bisnis masing-masing maskapai. Alangkah baiknya jika masyarakat sebagai konsumen bebas memilih pesawat yang akan digunakan dan tidak seperti diarahkan ke maskapai tertentu.

Di sisi lain, maskapai asal Malaysia ini juga mengeluhkan kebijakan mengenai pajak. Menurut Tony, pemerintah sepatutnya memfasilitasi maskapai penerbangan agar lebih mudah menjalankan bisnisnya. Inilah yang kelak mampu menimbulkan persaingan sehat.

Pemerintah sendiri memang mewacanakan diskon untuk LCC sampai 50% dari tarif batas atas (TBA). Rapat koordinasi lanjutan tentang hal ini rencananya akan dilangsungkan kemarin (4/7).

Namun, rencana rapat tersebut harus diundur karena absennya Menteri Perhubungan dan Merteri Koordinator Perekonomian. Rapat rencananya bakal digelar Senin mendatang (8/7). (*)

Baca Juga