ECONOMICS

Pemudik! Ini Skenario Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Saat Mudik Lebaran

Binti Mufarida 09/04/2022 08:15 WIB

Korlantas Polri telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas pada arus mudik lebaran Idulfitri di Tol Jakarta-Cikampek.

Pemudik! Ini Skenario Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Saat Mudik Lebaran (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas pada arus mudik lebaran Idulfitri di Tol Jakarta-Cikampek.

Pertama, rekayasa arus lalu lintas berupa penerapan sistem satu arah akan dilakukan secara situasional mulai dari KM 70 gerbang tol Cikarang utama sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung.

“Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan jalur A dan jalur B jalan Tol Cipali,” dikutip dari keterangan resmi Korlantas Polri yang diterima, Sabtu (9/4/2022).

Korlantas Polri mengatakan semua pintu Tol yang mengarah ke Jakarta di sepanjang jalur penerapan one way akan ditutup. Sementara, kendaraan yang akan menuju Jakarta dari arah Semarang dialihkan keluar tol ke jalur Pantura, setelah gerbang Tol Kalikangkung. Rekayasa arus lalu lintas ditiadakan dan lalu lintas kembali dalam keadaan normal.

Sedangkan rekayasa arus lalu lintas pada arus balik saat operasi ketupat dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri 2022, akan diberlakukan sistem satu arah secara situasional mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung.

“Kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah dialihkan ke Pantura lewat jalur Cikampek. Semua pintu Tol yang mengarah ke Jawa Tengah sepanjang jalur one way akan ditutup,” dalam keterangannya.

Rekayasa arus lalu lintas yakni berupa penerapan sistem satu arah dilanjutkan dengan contra flow pada KM 65 setelah gerbang tol Cikarang Utama dan masuk kembali KM 47.
Korlantas juga menyampaikan cara bertindak pengaturan lalu lintas rest area pada arus mudik 2022, saat diberlakukannya one way kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, kendaraan yang menggunakan jalur A dapat masuk dan keluar rest area secara normal. Sedangkan kendaraan yang berada di jalur B dapat masuk melalui pintu keluar dan keluar melalui pintu masuk.

Kemudian, cara bertindak pengaturan lalu lintas rest area pada arus balik saat diberlakukannya one way kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, kendaraan yang menggunakan jalur A dapat masuk melalui pintu keluar dan keluar melalui pintu masuk. Sedangkan kendaraan yang berada di jalur B dapat masuk dan keluar rest area secara normal. (RAMA)

SHARE