ECONOMICS

Tidak Punya KTP Sesuai Domisili, Warga Ditolak Vaksinasi Covid-19

Binti Mufarida/Sindonews 04/06/2021 16:48 WIB

Koalisi warga LaporCovid-19 mendapatkan temuan dari masyarakat bahwa ada warga yang ditolak vaksinasi karena tidak punya KTP sesuai domisili.

MNC Media

IDXChannel - Koalisi warga LaporCovid-19 mendapatkan temuan dari masyarakat bahwa ada warga yang ditolak vaksinasi Covid-19 karena tidak mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan domisili.  

Temuan LaporCovid-19 ini dari suara masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 di Indonesia dimana 185 menjadi responden yang dilakukan dari tanggal 6 sampai 26 April 2021.

Relawan LaporCovid-19, Amanda Tan mengatakan laporan kurang baik menyatakan bahwa vaksinasi itu kurang berjalan lancar karena tidak adanya informasi dari pihak yang berwenang.

“Ada hambatan seperti misalnya mereka tidak mempunyai KTP domisili mereka berada, sudah ada surat keterangan tapi tetap ditolak. Atau juga gangguan saat proses vaksinasi, misalnya screening yang kurang dari pada petugas,” ungkap Amanda secara virtual, Jumat (4/6/2021).

Namun, kata Amanda, pihaknya juga mendapatkan laporan yang baik terhadap pelaksanaan vaksinasi. “Laporan itu adalah laporan yang mengatakan bahwa nakes dan lansia itu sudah divaksin dan juga tidak ada hambatan yang berarti saat vaksinasi,” katanya.

Sementara itu, Amanda mengatakan 185 responden tersebut berasal dari beberapa kelompok jenis pekerjaan. “Jadi, jenis pekerjaan kami membagi menjadi beberapa kelompok. Ada ASN, karyawan swasta, ibu rumah tangga, perangkat desa, Satgas Covid-19, pelajar, wiraswasta atau pedagang, pensiun atau tidak bekerja,” paparnya.  

(IND) 

SHARE