AALI
11950
ABBA
189
ABDA
6250
ABMM
3230
ACES
1015
ACST
165
ACST-R
0
ADES
4800
ADHI
680
ADMF
8075
ADMG
167
ADRO
3190
AGAR
332
AGII
1925
AGRO
935
AGRO-R
0
AGRS
116
AHAP
61
AIMS
250
AIMS-W
0
AISA
159
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
930
AKRA
1020
AKSI
234
ALDO
920
ALKA
298
ALMI
272
ALTO
199
Market Watch
Last updated : 2022/05/18 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
543.10
1.19%
+6.37
IHSG
6793.41
2.24%
+148.95
LQ45
1016.00
1.18%
+11.88
HSI
20644.28
0.2%
+41.76
N225
26911.20
0.94%
+251.45
NYSE
0.00
-100%
-15259.82
Kurs
HKD/IDR 1,869
USD/IDR 14,690
Emas
859,367 / gram

Erick Thohir Minta Telkom dan Telkomsel Segera Garap Metaverse

ECONOMICS
Suparjo Ramalan
Selasa, 25 Januari 2022 15:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meminta Telkom Indonesia, dan Telkomsel, memperkuat posisinya dengan menggarap bisnis dunia digital (metaverse).
Erick Thohir Minta Telkom dan Telkomsel Segera Garap Metaverse (FOTO: MNC Media)
Erick Thohir Minta Telkom dan Telkomsel Segera Garap Metaverse (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Telkomsel Tbk, memperkuat posisinya dengan menggarap bisnis dunia digital (metaverse) hingga game finance. 

Di luar perluasan pembangunan tower, data center iCloud, hingga perangkat lainnya, Kementerian BUMN terus mendorong agar BUMN di sektor telekomunikasi itu memperkuat posisinya dengan mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini.  

Dimana, Telkom diarahkan pada Business to Consumer (B2C), sementara Telkomsel pada Business to Business (BTB). 

"Telkomsel lebih ke B2B yaitu tadi menyambung yang namanya metaverse, GameFI dan lain-lain itu yang para kreator ini. Itulah kenapa Telkomsel lebih kepada B2C. Telkom kita dorong B2B salah satu tadi yang disampaikan bagaimana pembangunan tower, kedua fokus pada data center iCloud dan lain-lain," ujar Erick saat rapat kerja bersama Komisi VI, Selasa (25/1/2022).

Erick berhitung, skema B2C yang dijalankan Telkomsel akan menjembatani antara metaverse dan game finance dengan para kreator di Tanah Air. Hal itu sekaligus menjadi langkah peyeimbangan BUMN terhadap pertumbuhan para kreator yang didominasi anak-anak muda dengan perubahan tatan saat ini. 

Erick mengingatkan, pertumbuhan digitalisasi sangat masif saat ini. Potensi itu harus dimanfaatkan oleh Telkom dan Telkomsel untuk mendorong karya-karya anak bangsa. 

Menurutnya, proses hilirisasi sumber daya alam (SDA) memang menjadi konsentrasi pemerintah, namun pasar digital di Tanah Air pun harus dimanfaatkan dan dilindungi. Pasalnya, pasar digital menjadi peluang besar bagi para kreator Indonesia. 

Erick mencontohkan, melalui non fungible token (NFT), para kreator bisa menjual belikan karya-karya seperti lukisan secara digital. 

"Dulu, para pelukis Indonesia menjual lukisan satu dan yang lainnya, ketika pembelian pertama ya pelukis itu mendapatkan, tapi penjualan kedua, ketiga dan keempat para pelukis tidak mendapatkan apa-apa. Di sinilah fungsi NFT sebagai bagian daripada desentralisasi finance ketika para kreator atau para pencipta ini terus mendapatkan hasil karyanya," tutup Erick. (RAMA)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD