AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/09/26 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.43
-0.46%
-2.48
IHSG
7127.50
-0.71%
-51.08
LQ45
1020.20
-0.53%
-5.44
HSI
17855.14
-0.44%
-78.13
N225
26548.61
0.44%
+117.06
NYSE
13580.39
-1.57%
-216.61
Kurs
0
0
Emas
0 / gram

Justin Bieber Akan Konser di Jakarta, Ini Pesan Sandiaga Uno

ECONOMICS
Dimas Andhika
Senin, 04 April 2022 19:52 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan Indonesia siap menggelar kembali event-event berskala besar, seperti konser Justin Bieber.
Justin Bieber Akan Konser di Jakarta, Ini Pesan Sandiaga Uno (FOTO: MNC Media)
Justin Bieber Akan Konser di Jakarta, Ini Pesan Sandiaga Uno (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia siap menggelar kembali event-event berskala besar, seperti konser musik internasional, salah satunya konser Justin Bieber di Jakarta.

Berkaca pada kesuksesan sejumlah konser musisi lokal seperti Joyland Fedtival yang digelar di Bali, beberapa waktu lalu, juga menjadi salah satu pertimbangan pemerintah untuk kembali memfasilitasi konser musik yang sudah sangat dinantikan oleh masyarakat.

"Kami kebetulan hadir waktu Joyland festival tersebut. Dan konsernya alhamdulillah sukses sekali. Ini sekaligus menjawab pertanyaan Mba Raisa yang sempat menghubungi kami. Mereka menginginkan kejelasan dari kebijakan pemerintah mengenai penyelenggaraan konser karena kebetulan mereka akan menggelar konser tunggal di Gelora Bung Karno. Konser pertama oleh penyanyi perempuan dan ini cukup epic," kata Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (4/4/2022).

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan, Presiden Joko Widodo langsung menanggapi pertanyaan Raisa dengan menunjuk pihaknya Kepolisian RI untuk segera. Termasuk dalam urusan perizinan hingga penerapan protokol kesehatan pada saat acara berlangsung.

Selama dua tahun terakhir, Kemenparekraf sebetulnya telah menyiapkan buku panduan penyelenggaraan event seperti konser musik dengan prokes yang ketat.

pada saat itu, bapak presiden sudah menunjuk kami dan pak kapolri untuk memfasiltiasi. seama 2 thain terakhir kami sudah menyiapkan panduan penyelenggaraan konser dengan prokes,

"Panduan ini terus kami benahi karena permintaan konser ini sangat besar. Dua tahun konsumen tidak mendapatkan kesempatan menonton konser, jadi sangat diminati. Namun tentunya harus dilakukan dalam bingkai prokes yang ketat," kata Sandiaga Uno.

Kendati demikian, tidak semua jenis konser dapat diselenggarakan sesuai rencana. Ada beberapa konser yang terpaksa dibatalkan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah diberikan.

"Ada beberapa konser yang diberitakan tidak berlangsung, karena tidak dilengkapi dengan perizinan. Oleh karena itu kami menyediakan help desk kepada para pelaku penyelenggara event," beber Menparekraf.

"Help desk ini ada di bawah deputi 6. Fungsinya unntuk memfasilitasi pihak promotor termasuk mengurus perizinan, orkestrasi dengan pihak Kementeian Kesehatan, Satgas Covie-19, BNPB, Kepolisian RI, dan Kemenkumham untuk konser penyanyi luar negeri," timpalnya.

Kembali berbicara soal konser Justin Bieber, Sandiaga Uno mengatakan ia telah bertemu dengan pihak promotor. Dalam pertemuan itu, ada beberapa poin penting yang ia sampaikan secara langsung.

"Selain prokes, kami menginginkan konser ini juga menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita dan menjadi destinasi produk-produk ekonomi kreatif ungggulan. Kami sampaikan produk ekraf lokal seperti musik juga ikut dilibatkan, sehingga pelaku-pelaku UMKM ini terbuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya.

Di samping itu, konser Justin Bieber juga dinilai dapat menggaet perhatian wisatawan mancanegara untuk kembali berwisata di Indonesia.

"Selain Justin Bieber, ada beberapa konser besar lain yg sudah menghubungi kami, tentu akan kami fasilitasi sebagai bagian daripada minat wisatawan mancanegara. Karena kami mendapatkan kabar untuk konser Justin Bieber saja ada signifikasi porsi 8-12  persen bahwa yang datang merupakan wisatawn mancanegara," tutupnya. (RAMA)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD