AALI
8250
ABBA
214
ABDA
6025
ABMM
3960
ACES
610
ACST
176
ACST-R
0
ADES
7175
ADHI
715
ADMF
8300
ADMG
167
ADRO
3960
AGAR
292
AGII
2350
AGRO
550
AGRO-R
0
AGRS
90
AHAP
85
AIMS
242
AIMS-W
0
AISA
164
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
1635
AKRA
1350
AKSI
316
ALDO
655
ALKA
290
ALMI
392
ALTO
181
Market Watch
Last updated : 2022/09/30 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
534.58
0.21%
+1.10
IHSG
7040.80
0.07%
+4.60
LQ45
1011.48
0.24%
+2.44
HSI
17222.83
0.33%
+56.96
N225
25937.21
-1.84%
-484.84
NYSE
13608.29
-1.63%
-224.91
Kurs
HKD/IDR 1,939
USD/IDR 15,260
Emas
819,860 / gram

Platform Virtual Sosial Hadir di Indonesia, Manfaatkan Kuatnya Pasar Sosmed Tanah Air

ECONOMICS
Tim IDXChannel
Senin, 11 Juli 2022 14:19 WIB
Konsep metaverse dipilih berdasarkan karakteristiknya yang merupakan komunitas virtual tanpa batas dan saling berhubungan.
Platform Virtual Sosial Hadir di Indonesia, Manfaatkan Kuatnya Pasar Sosmed Tanah Air (foto: MNC Media)
Platform Virtual Sosial Hadir di Indonesia, Manfaatkan Kuatnya Pasar Sosmed Tanah Air (foto: MNC Media)

IDXChannel - Besarnya potensi ekonomi nasional di sektor konten kreatif coba dimanfaatkan oleh PT Avatara Jagat Nusantara (Jagat) dengan memperkenalkan platform virtual sosial pertama di Indonesia yang berbasis teknologi metaverse.

Platform ini didirikan pada Desember 2021, dan bakal meluncurkan versi alphanya pada akhir tahun nanti. Sasaran utama yang dibidik adalah segmen anak muda kreatif dan produktif, yang bakal sangat terbantu dalam menciptakan pengalaman bersama yang spasial dan imersif.

Konsep metaverse dipilih berdasarkan karakteristiknya yang merupakan komunitas virtual tanpa batas dan saling berhubungan. Sedangkan penggunaan konsep social experience didasarkan pada data penelitian pengguna ekstensif yang menyoroti kebutuhan dan kecenderungan di antara anak muda dan kreator di Indonesia untuk senantiasa terhubung (connected) dengan komunitas sosial di sekitarnya.

Pendekatan ini sejalan dengan penelitian Populix pada 1 Juni 2022 lalu, yang mencatat bahwa sebanyak 44 persen orang Indonesia menganggap bahwa metaverse sebagai perpanjangan dari platform media sosial, menyediakan cara baru untuk berkomunikasi secara bebas.

“Sebagai negara dengan salah satu aktivitas media sosial tertinggi dan semangat 'gotong-royong', kami melihat metaverse dan Web3 sebagai masa depan internet dan interaksi sosial di Indonesia. Sebagai perpanjangan dari media sosial, misi Jagat adalah untuk mengeluarkan potensi kreatif anak muda kita dalam membangun tempat favorit mereka untuk hangout dan berkumpul bersama terlepas dari ruang dan waktu," ujar Co-founder Jagat, Barry Beagen, dalam keterangan resminya, Kamis (7/7/2022).

Tentu saja, menurut Beagen, tidak akan ada yang bisa menggantikan interaksi dunia nyata. Namun dengan penggunaan komunikasi video dan avatar 3D, masyarakat diharapkan dapat merawat dan meningkatkan rasa empatinya meski, misalnya, saat bekerja dan berinteraksi dari jarak jauh. Dalam ekosistem yang digagasnya ini, jagad berharap setiap orang dapat membangun pengalaman baru, terhubung dengan teman-teman lintas pulau dan perbatasan, memiliki ciptaan mereka, hingga mendapatkan manfaat langsung secara ekonomi.

"Jagat akan tersedia di web dan ponsel tanpa memerlukan perangkat keras tambahan seperti Virtual Reality (VR) atau gadget Augmented Reality (AR). Sebagai platform konten yang dibuat pengguna, Jagat memungkinkan pengguna untuk membuat ruang virtual mereka sendiri dan membangun komunitas mereka, berinteraksi dengan teman, kolega, dan bahkan para penggemar," tutur Beagen.

Nantinya, kreator pengguna akan dapat merancang pengalaman mereka sendiri, membuat avatar dan aset digital mereka sendiri seperti pakaian, furnitur, dan aksesori lainnya dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT) dengan alat yang mudah digunakan yang dapat diakses bahkan oleh mereka yang tidak memiliki keahlian teknis atau pengetahuan cryptocurrency.

“Untuk pertama kalinya, kami memperkenalkan konsep hybrid atau hubungan nyata antara metaverse kami dan dunia fisik, karena kami bermitra dengan kota, komunitas kreator, institusi, dan bahkan ritel. merek. Kami percaya bahwa seperti halnya sebuah kota, untuk membangun platform yang sukses, Anda memerlukan pengguna untuk memiliki 1 Populix, Kebiasaan Media Sosial dan Keamanan Internet, 2022 kepemilikan emosional dan ekonomi nyata dan memungkinkan penciptaan nilai,” ungkap Beagen.

Melalui teknologi blockchain seperti tokenization, Jagat dapat mendorong pembangunan komunitas, karena komunitas dapat berkreasi dan berkembang melalui berbagai model X-to-earn. Selain itu, Jagat berkomitmen untuk menawarkan pengalaman metaverse dan Web3 yang dapat diakses baik secara teknologi maupun finansial untuk masyarakat umum.

“Ketika kita berbicara tentang metaverse, sebagian besar orang Indonesia skeptis mengingat tantangan akses internet yang tidak setara, perangkat keras yang mahal, dan jargon teknis yang sulit dipahami. Kita harus belajar dari pesatnya adopsi media sosial, mobile banking atau fintech, dan game mobile. Demikian pula, kami ingin semua orang Indonesia, dan dunia berada di Jagat dan memiliki akses ke peluang sosial dan ekonomi yang ditawarkannya, jadi kami memiliki strategi mobile-first untuk mengakomodasi bahkan smartphone dasar," papar Beagen.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan lokal yang mendalam, Jagat telah menarik mitra perusahaan teknologi global, termasuk Advance Intelligence Group, salah satu perusahaan rintisan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi independen terbesar di Asia, dan Utown, platform metaverse dari Singapura dengan pengalaman yang kaya. dalam industri jaringan sosial untuk proyeknya.

Advance Intelligence Group terdiri dari platform beli sekarang, bayar nanti, Atome terbesar di Asia, perusahaan AI terkemuka ADVANCE.AI dan platform layanan pedagang e-commerce regional Ginee, sementara Utown adalah perusahaan metaverse yang telah mengembangkan aplikasi sosial dengan lebih dari 90 juta basis pelanggan dan ingin mendorong lebih jauh ke metaverse dan menciptakan platform dengan utilitas dan kepraktisan sejati. Ini menunjukkan validasi internasional atas misi Jagat untuk membawa metaverse ke Indonesia. (TSA)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD