Big Hit Siap IPO, Personil BTS Jadi Pemegang Saham Multi Jutawan

IDXTainment
Shifa Nurhaliza
Jumat, 25 September 2020 15:30 WIB
Boyband group asal Korea Selatan BTS segera menjadi pemegang saham multi jutawan setelah menerima saham di label mereka, Big Hit Entertainment.
Big Hit Siap IPO, Personil BTS Jadi Pemegang Saham Multi Jutawan. (Foto: Ist)

IDXChannel – Boyband group asal Korea Selatan BTS segera menjadi pemegang saham multi jutawan setelah menerima saham di label mereka, Big Hit Entertainment. Agency tersebut telah mempersiapkan penawaran umum perdana (IPO) yang dapat mengumpulkan hingga 962,6 miliar won atau sekitar Rp12 Triliun.

Dilansir Yonhap Group Agency, pada Kamis (24/9/2020), CEO Big Hit dan pemegang saham terbesarnya, Bang Si Hyuk mengumumkan akan memberikan 478.965 saham kepada ketujuh anggota BTS atau 68.385 saham per orang.

“Untuk memperkuat kemitraan jangka panjang dengan artis-artis besar dan meningkatkan moral”, kata Big Hit dalam pengajuan peraturan.

BTS merupakan tumpuan utama kinerja Big Hit Entertainment. Pada semester pertama 2019 dan 2020, BTS menyumbang hingga 97,4 persen dan 87,7 persen dari pendapatan agensi.

Sekadar infromasi, Big Hit telah mengajukan jadwal pembelian umum untuk saham Big Hit akan dilaksanakan pada 5 dan 6 Oktober di Bursa Korea Exchange. Pelaksanaan ini dilakukan dengan situasi minat pasar yang besar. Big Hit Entertainment berencana menawarkan sekitar 7,1 juta saham dengan kisaran harga indikatif 105 ribu sampai 135 ribu won per saham.

Analis menilai, penetapan harga berpotensi menambah nilai perusahaan hingga 4,8 triliun won (setara USD4,04 miliar) dengan opsi konversi saham yang jauh di atas kapitalisasi pasar gabungan dari tiga agensi manajemen nasional yakni JYP Entertainment, YG Entertainment dan SM Entertainment.

Sejatinya rencana IPO Big Hit Entertainment telah menarik minat investor lokal karena BTS baru saja membuat sejarah bulan lalu dengan menjadi artis Korea Selatan pertama yang menduduki peringkat teratas tangga lagu Billboard Amerika Serikat dengan lagu terbarunya, yakni “Dynamite”. (*)

Baca Juga