Miskin Inovasi & Persaingan Ketat, Diduga Penyebab Tutupnya Nexmedia
IDXTainment
Fahmi Abidin
Jumat, 02 Agustus 2019 10:15 WIB
PT Mediatama Anugerah Citra anak perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) sudah menghentikan siaran Nexmedia mulai 31 Agustus 2019.
Miskin Inovasi & Persaingan Ketat, Diduga Penyebab Tutupnya Nexmedia. (Foto: Ist)

IDXChannel - PT Mediatama Anugerah Citra anak perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) sudah menghentikan siaran Nexmedia mulai 31 Agustus 2019. Informasi ini tersebar melalui akun twitter resmi @NexmediaTV.

Heru Sutadi Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute menyebut fenomena ini terjadi akibat perubahan arah bisnis televisi berlangganan dalam beberapa kurun waktu terakhir.

“Yang pertama adalah kehadiran platform video on demand. Ada Netflix, Iflix, Hooq, yang akhirnya menggerus pasar tv berlangganan sebelumnya. Kalau kita lihat juga antar pemain tv berlangganan di luar aplikasi juga memang persaingannya ketat, ada MNC Vision, Indovision, Trans Vision. Dan terutama masalah jaringan dan harga,” jelasnya di Studio IDXChannel Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta (1/8).

Heru berpendapat, perusahaan seharusnya memiliki strategi untuk mengatasi persaingan harga dan mencari ceruk pasar. Yang terpenting, penyedia layanan tv berlangganan harus menghadapi perkembangan teknologi digital. Perusahaan wajib melakukan penyesuaian model bisnis agar bisa bertahan.

“Seleksi alam, bahwa tidak semua itu akan sukses. Kan seperti di telekomunikasi kita dulu punya beberapa pemain, startup pun begitu. Tahun ini seribu tumbuh, dua ribu gugur, itu hal yang biasa. Betapa pun kalau kita hanya ide hanya kemauan keras tapi strateginya tidak cocok ke pasar, akan susah untuk maju. Berat juga bagi mereka untuk meneruskan bisnis,”

Terakhir, Heru tidak menyanggah kemungkinan penutupan ini juga menular kepada pesaing Nexmedia apabila nihil inovasi, mengingat tren tv berlangganan terus menurus selama beberapa tahun ke belakang. Ia mengatakan, saat ini fokus di pasar sudah beranjak pada ‘triple play’.

Sebelumnya, Sutanto Hartono Wakil Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), induk usaha Nexmedia tidak menampik kabar penghentian siaran tersebut. Saat ini perusahaan tengah bertransisi untuk fokus di layanan over the top (OTT).

“Sejak beberapa waktu lalu, kami sudah memperkenalkan layanan berbayar (subscription) melalui platform OTT Vidio Premier. Kami yakin bahwa OTT merupakan platform yg lebih tepat untuk memberikan berbagai layanan kepada pengguna dengan makin mudah akses layanan internet di seluruh Indonesia," pungkasnya. (*)

Baca Juga