TikTok Boleh Beroperasi di AS, Donald Trump Minta Keuntungan Rp74 Triliun

IDXTainment
Shifa Nurhaliza
Senin, 21 September 2020 10:15 WIB
Terkait dengan kerjasama antara Oracle dan ByteDance, Presiden Donald Trump meminta keuntungan senilai USD5 miliar atau setara Rp74 triliun.
TikTok Boleh Beroperasi di AS, Donald Trump Minta Keuntungan Rp74 Triliun. (Foto: Ist)

IDXChannel - Terkait dengan kerjasama antara Oracle dan ByteDance dan operasional TikTok di Amerika Serikat (AS), Presiden Donald Trump akhirnya menyetujui hal tersebut, namun ia meminta keuntungan dari kesepakatan tersebut senilai USD5 miliar atau setara Rp74 triliun.

Dilansir iNews, ketiga perusahaan yaitu ByteDance, Oracle, dan Walmart sepakat membentuk perusahaan baru yang fokus mengurusi bisnis TikTok di AS. Trump mengatakan, ketiganya sepakat memberikan USD5 miliar untuk kepentingan pendidikan.

"Kita akan memiliki dana yang sangat besar untuk pendidikan anak-anak muda Amerika," kata Trump saat kampanye pemilihan presiden di North Carolina.

Ia juga mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk mendidik anak-anak Amerika dengan benar, terutama soal pelajaran sejarah. Menurut laporan Bloomberg, Trump menelepon Chairman Oracle, Larry Ellison dan CEO Walmart, Doug McMillion untuk membicarakan masalah TikTok. Dalam diskusi tersebut, Trump meminta dana dari kesepakatan tersebut.

Nantinya, perusahaan bentukan baru yang akan mengontrol TikTok tersebut juga akan akan mengatur penggunaan uang itu dan memilih kemana uang tersebut akan diinvestasikan.

Seperti sudah dikabarkan sebelumnya, TikTok Global, perusahaan akan menggelar IPO di Amerika Serikat. Rencananya, dana USD5 miliar itu diambil sebagian dari dana IPO. (*)

Baca Juga