Ulang Tahun ke-75, Begini Langkah Strategis RRI di Tengah Pandemi Covid 19

IDXTainment
Fahmi Abidin
Rabu, 09 September 2020 20:30 WIB
RRI yang berulangtahun ke-75 pada 11 September ini mengambil langkah strategis demi membantu negara menghadapi Covid 19.
Ulang Tahun ke-75, Begini Langkah Strategis RRI di Tengah Pandemi Covid 19. (Foto: Dirut RRI M. Rohanudin/RRI.id)

IDXChannel - Menghadapi pandemi covid-19 banyak perusahaan menerapkan Strategi berbeda, tak terkecuali dengan Radio RRI. Radio yang berulangtahun ke-75 pada 11 September ini mengambil langkah strategis demi membantu negara menghadapi Covid 19.

Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin menuturkan apa saja yang dilakukan RRI, saat pertama terjadi Covid 19? Yaitu mengubah seluruh program siaran RRI hanya untuk pelayanan Covid-19.

Rohanuddin mengatakan seluruh program siaran RRI seluruh Indonesia didedikasikan untuk pelayanan siaran bagi pencegahan, pengetahuan. Langkah-langkah memerangi virus yang mematikan itu, semua programa daerah (Pro1, Pro2, dan Pro 4) 80% memancarluaskan siaran Pro 3 RRI. Pro 3 mengudara sepanjang 24 jam setiap hari, dengan kekuatan 224 stasiun relay, kekuatan semakin multiplayer, karena didukung dengan pancaran Pro 1, Pro 2, Pro 4 daerah di Indonesia.

Bukan hanya itu, menurut Dirut M. Rohanudin, langkah lain di era Covid 19, RRI memasukkan program khusus untuk anak sekolah bertajuk “BELAJAR DI PRO 2 RRI”, diselenggarakan disetiap Program 2 RRI bekerjasama dengan semua sekolah di seluruh Indonesia. Para guru mengajar secara interaktif dengan para murid yang sedang belajar di rumah.

“Program ini rupanya digunakan sebagai media kerinduan guru pada murid-muridnya. Bahkan ada anak-anak didik yang menangis karena begitu lama tidak berjumpa dengan ibu bapak gurunya”.

Bahkan tak kurang Wapres Maruf Amin dan sejumlah pimpinan daerah memberikan dukungan dan apresiasinya terhadap program BELAJAR DI PRO 2 RRI.

Sedangkan saat pandemi Covid-19, pendengar RRI di semua platform menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, sekitar 40% di awal Maret 2020 dan cenderung meningkat pada Agustus 2020 sekitar 50%.

Perayaan HUT RRI

Sekadar dikektahui, tahun ini Radio Republik Indonesia memasuki usia 75 tahun. Hal tersebut merupakan usia matang untuk sebuah lembaga penyiaran, yang diawal pembentukannya lebih berorientasi pada radio perjuangan.

Pagelaran Ketoprak bersama Kirun adalah salah satu program spesial menuju puncak peringatan pada 11 September 2020 mendatang. Anggota Dewan Pengawas RRI Dwi Hernuningsih juga ikut andil dalam Ketoprak bertajuk "Sekartaji Bakul Jamu".

Sebelumnya, Senin 7 September 2020 kemarin, berlangsung Jazz Nite yang menghadirkan sejumlah penampil seperti Madame & Toean, Citra Scholastika ,dan Payung Teduh.

Puncak acara nanti, Jum'at 11 September 2020 akan diselenggarakan  Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI pada pukul 08.00 - 10.30 WIB.

Acara ini menampilkan Rossa, Yudika, Ike Nurjanah, Didik Ninik Towok, Andi Rizka Fadilah Malaranggeng,  musisi pengiring : Aminoto Kosin dan Paduan Suara RRI. (*)

Baca Juga