Akibat Virus Korona, Menteri Perdagangan Hentikan Sementara Impor dari China

Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 04 Februari 2020 14:15 WIB
pemerintah akan hentikan sementara impor dari China, akibat penyebaran Novel Coronavirus atau biasa disebut Virus Korona yang belum berakhir.
Akibat Virus Korona, Menteri Perdagangan Hentikan Sementara Impor dari China. (Foto: Ist)

IDXChannel – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan bahwa pemerintah akan hentikan sementara impor dari China, akibat penyebaran Novel Coronavirus atau biasa disebut Virus Korona yang belum berakhir.

“Untuk impor memang khususnya untuk makanan dan minuman kita akan stop dulu sementara dan ini akan ditangani dan pengawasan karena konsumsi ini langsung dikonsumsi oleh kita semua dan ini harus ditangani secara khusus, berkaitan dengan impor,” imbuh Agus di Kantor BPK, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Saat ini, Pemerintah masih melakukan analisis terkait pemberhentian sementara impor dari China. Nantinya, jika impor dari Tiongkok jadi diberhentikan maka akan dicari impor dari negara lainnya.

"Pasti nanti ada alternatif kalau memang bahan itu tetap dibutuhkan dan tidak ada kekosongan di Indonesia. Otomatis kita nyari penggantinya negara lain dan masih ada hanya volumenya itu mungkin dulu fokus ke China sekarang kita beralih ke negara yang lain otomatis karena itu tidak ada pilihan lain," kata dia.

Pemberhentian impor dalam sektor makanan dan minuman, ungkap Agus, dilakukan untuk menjaga masyarakat  dari ancaman penyebaran virus korona yang memang merebak di China.

"Khusus makanan yang dibahayakan virus saya rasa ini juga untuk kebaikan bersama. Penduduk kita kan banyak 260 juta jadi harus kita amankan dan itu prioritas," tandasnya. (*)

Baca Juga