Bos BRI Suprajarto Raih The Best CEO di IDX Channel Innovation Awards
Market News
Fahmi Abidin
Senin, 19 Agustus 2019 12:15 WIB
Suprajarto CEO PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) membuktikan kualitasnya dengan menyabet penghargaan ‘The Best CEO’ IDX Channel Innovation Award 2019.
Bos BRI Suprajarto Raih The Best CEO di IDX Channel Innovation Awards. (Foto: Ist)

IDXChannel - Suprajarto CEO PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) membuktikan kualitasnya dengan menyabet penghargaan ‘The Best CEO’ IDX Channel Innovation Award 2019, yang diselenggarakan di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta (14/8).

Meskipun telah menjadi sosok yang malang-melintang di perbankan nasional, sebenarnya Suprajarto tidak pernah bermimpi menjadi bankir. Dirinya justru ingin mengikuti jejak sang Ayah yang menjabat sebagai kepala Biro Pemerintahan Desa di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suprajarto bahkan sudah diterima bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sleman, meskipun ia belum mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari kampusnya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Beberapa bulan jelang pengangkatannya menjadi camat di salah satu kecamatan di Yogyakarta, ia memilih mundur dari Bappeda Sleman, karena merasa tidak akan berkembang jika terus hidup di sana. Suprajarto pun mengadu nasib bersama BRI dan ditempatkan di pelosok Kalimantan. Sempat merasa tidak kerasan, pada akhirnya memutuskan bertahan sebagai pegawai operasional, sampai akhirnya tahun 2005 ia ditugaskan menjadi sekretaris perusahaan BRI.

Pada 2006, ia diberikan amanah menjadi pimpinan wilayah BRI Jakarta selama setahun. Setelah itu, Suprajarto menjabat sebagai direktur jaringan dan servis BRI sampai 2015, sebelum akhirnya ia ditunjuk menjadi wakil direktur Utama di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Dua tahun berselang, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BBRI memutuskan untuk ‘memulangkan’ Suprajarto menggantikan Asmawi Syam selaku Direktur Utama yang masa jabatannya habis pada Maret 2017.

Tak hanya kariernya yang gemilang, Suprajarto juga memiliki riwayat pendidikan yang mumpuni. Bos BBRI merupakan lulusan S3 Manajemen Bisnis, Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, juga Magister Manajemen Pemasaran di kampus yang sama.

Seiring kinerja BBRI yang meningkat sejak masa awal kepemimpinannya, nama Suprajarto semakin diperhitungkan. Yang teranyar, ia menerima penghargaan bergengsi berskala internasional dari The Asian Banker, majalah ekonomi terkemuka di Asia, yaitu ‘The Asian Banker CEO Leadership Achievement Award for Indonesia’.

Pria kelahiran Yogyakarta tahun 1956 itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bersanding dengan delapan CEO top industri perbankan Asia Pasifik yang berasal dari China, Singapura, Thailand, Sri Lanka, Taiwan, Malaysia, Brunei dan Filipina. (*)

Baca Juga