Ini Strategi Kemenkop UKM Dukung UMKM Go Digital

Market News
Shifa Nurhaliza
7 hari yang lalu
Perekonomian negara berdampak bagi seluruh industri khususnya UMKM yang merasakan penurunan yang dratis dalam penjualan produk.
Ini Strategi Kemenkop UKM Dukung UMKM Go Digital. (Foto: Ist)

IDXChannel - Melalui Indonesia Local Brands Expo dan Gerakan Support Local Brands, Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan saat ini wabah atau pandemic Covid-19 ini mengakibatkan banyak dampak buruk dari segala aspek salah satunya perekonomian.

Perekonomian negara berdampak bagi seluruh industri khususnya UMKM yang merasakan penurunan yang dratis dalam penjualan produk.

Dalam hal ini, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terus berusaha dan berupaya untuk mendukung segala aktivitas UMKM dengan program-program seperti salah satunya dukungan dengan kegiatan virtual expo ini.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah akan mendukung penuh seluruh acara yang bertujuan baik untuk para UMKM salah satunya acara virtual expo dengan judul pameran “Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo” acara ini adalah pameran Virtual yang berbentuk 3D Interactive dan berbeda dari acara virtual expo lainya.

“Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia,” ungkap Victoria Br Simanungkalit, melalui keterangan resminya yang diterima tim IDX Channel, Rabu (18/11/2020).

Sejatinya, dalam hal ini pemerintah maupun swasta terus bersinergi untuk pelaksanaan acara ini agar para pengusaha merek lokal Indonesia khususnya para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa tetap berjualan untuk mendapatkan cash in, tetap semangat untuk bisa berdagang melalui platform digital (go digital) dan pameran ini sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia.

Selain dari Kementerian Koperasi dan UKM, dukungan serupa juga datang dari Kementerian Perdagangan. Disampaikan Syailendra, selaku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan bahwa Kemendag mendukung penyelenggaraan kegiatan melalui partisipasi dengan mengikutsertakan 24 pelaku usaha waralaba dan potensial waralaba secara gratis di saat seperti sekarang ini.

Dalam kesempatannya, Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya berharap, IDTS dapat memberikan dukungan kepada para pelaku usaha kreatif.

“Kami memfasilitasi 24 jenama binaan kami yang hadir pada Hall A. Kami hadirkan para jenama dari sub sektor kuliner, fashion, dan kriya di Pavillion Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami berharap IDTS ini dapat turut menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program pemerintah yakni gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI),” ungkap Nia.

Sekadar infromasi, sejumlah perusahaan besarpun turut berpartisipasi maupun mendukung pameran virtual expo Indonesia Digital Trade Show In conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020. Diantaranya Bank BCA selaku Official Bank Partner, Blibli.com, LinkAja, MyAdsTelkomsel, Oxygen, Sicepat, Mustikaratu, dan Garuda Indonesia selaku airlaines partner di dalam event ini. (*)

Baca Juga