Nilai Transaksi Rp1,25 Triliun, SAME Siap Ambil Alih Seluruh Saham EMC

Market News
Fahmi Abidin
Senin, 19 Oktober 2020 15:00 WIB
PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) direncanakan akan mengambilalih seluruh saham PT Elang Medika Corpora (EMC) yang dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi.
Nilai Transaksi Rp1,25 Triliun, SAME Siap Ambil Alih Seluruh Saham EMC. (Foto: Ist)

IDXChannel - Emiten rumah sakit, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) direncanakan akan mengambilalih seluruh saham PT Elang Medika Corpora (EMC) yang dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dengan nilai transaksi saham sekitar Rp1,25 triliun.

Dalam keterangan perseroan di keterbukaan informasi BEI, Senin (19/10/2020), dijelaskan dalam prospektus ringkasnya, dengan nilai transaksi pembelian saham mencapai Rp1,25 triliun, maka jumlah saham EMC yang akan diambilalih Perseroan adalah sebanyak 1.254.899 saham atau 99,9999% dari modal disetor dan ditempatkan pada EMC, dengan nilai nominal seharga Rp1.000.000 per saham.

Terkait aksi korporasi pengambilalihan saham Elang Medika Corpora, perusahaan akan meminta persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang rencananya akan digelar pada 24 November 2020.

Dijelaskan perseroan, bahwa Perseroan dan EMC memiliki kegiatan usaha yang sejenis yaitu dalam bidang pelayanan kesehatan dengan membangun dan mengelola rumah sakit, serta dalam rangka penerapan strategi dan upaya Perseroan dan EMC terutama dalam menghadapi pertumbuhan yang pesat dalam bidang pelayanan kesehatan dengan membangun dan mengelola rumah sakit.

Manajemen Perseroan memandang bahwa transaksi sejalan dengan tujuan Perseroan dan EMC untuk menciptakan suatu perusahaan pelayanan kesehatan yang lebih terintegrasi dan memperluas pangsa pasar Perseroan serta menciptakan sinergi perusahaan yang lebih kuat dan lebih mampu bersaing dengan grup perusahaan rumah sakit lainnya dan mendukung pertumbuhan jangka panjang Perseroan.

Dengan dilakukannya transaksi, diharapkan adanya efisiensi dalam operasional Perseroan sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi kinerja keuangan konsolidasian Perseroan pada masa yang akan datang.

Selanjutnya, dengan adanya kontribusi positif terhadap kinerja keuangan konsolidasian Perseroan hal tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang sahamPerseroan.

Sementara itu, diungkapkan management SAME, tujuan dilakukannya transaksi adalah Perseroan dapat mengembangkan usahanya dan melakukan ekspansi usahanya di bidang rumah sakit sehingga dapat memberikan manfaat terbaik khususnya kepada seluruh pemegang saham Perseroan serta manfaat secara umum kepada masyarakat dengan penyediaan pelayanan kesehatan yang unggul dan terpercaya.

Perseroan berharap setelah rencana transaksi menjadi efektif, dapat meningkatkan posisi Perseroan dan EMC dalam kegiatan usahanya pada bidang rumah sakit. Ditegaskan juga bahwa transaksi merupakan upaya Perseroan untuk meningkatkan struktur kapital dan nilai kapitalisasi pasar Perseroan yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi Perseroan dan seluruh pemegang saham Perseroan. (*)

Baca Juga