Sinergi Negara G20, Siapkan Rp64 Triliun Temukan Vaksin Covid-19

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 27 Maret 2020 09:15 WIB
Dalam pertemuan negara G20, seluruhnya sepakat untuk saling bersinergi menangani penyebaran Covid-19. Salah satunya mengembangkan vaksin atau anti virus korona.
Sinergi Negara G20, Siapkan Rp64 Triliun Temukan Vaksin Covid-19. (Foto: Ist)

IDXChannel - Dalam pertemuan negara-negara G20, seluruhnya sepakat untuk saling bersinergi menangani penyebaran wabah Covid-19. Salah satunya mengembangkan vaksin atau anti virus korona.

G20 Sepakat Kerjasama Temukan Vaksin Covid-19

Dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, negara-negara G20 sepakat bersama-sama menemukan vaksin virus korona yang dikoordinir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kemarin dalam pertemuan menteri-menteri keuangan, sudah ada indikatif untuk mengalokasikan USD4 miliar dolar AS (Rp64 triliun) yang akan bersama-sama dimobilisasi dari seluruh negara dunia terutama G-20 untuk mengakselerasi penelitian dan menemukan anti virus atau vaksin pandemi Covid-19," katanya melalui video conference, seperti dikutip iNews, pada Kamis (26/3/2020).

Diungkapkan Menkeu, negara-negara G20 melihat penyelamatan nyawa manusia sebagai fokus utama dalam menangani wabah Covid-19.

"Ini bukan hanya masalah kesehatan, tapi akan menjadi tragedi kemanusiaan. Saat ini adalah bagaimana seluruh negara di dunia mencoba untuk mengurangi risiko penyebaran dan pencegahan penyebaran,” ucapnya.

G20 Juga Soroti Ketersediaan Alkes

Negara-negara G20 juga menyoroti ketersediaan alat kesehatan (alkes) di seluruh dunia. Saat ini, semua negara yang menghadapi masalah virus korona alami kekurangan alkes untuk penanganan Covid-19 seperti Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, dan masker.

“Saat ini diupayakan IMF dan World Bank akan melakukan dukungan resources agar perusahaan-perusahaan yang menghasilkan itu (alkes) bisa mendapatkan prioritas, sehingga suplai alat kesehatan di seluruh dunia bisa ditingkatkan," pungkas Sri Mulyani. (*)

Baca Juga