Super Deduction Tax Resmi Diteken Presiden Jokowi
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 10 Juli 2019 09:15 WIB
Presiden Joko Widodo disebut telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2019 yang mencantumkan aturan Super Deduction Tax.
Super Deduction Tax Resmi Diteken Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

IDXChannel - Presiden Joko Widodo disebut telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2019 yang mencantumkan aturan Super Deduction Tax, sejak 25 Juni 2019. Kabar ini pun dibenarkan oleh Kementerian Perindustrian.

Sesuai rencana awal, aturan ini akan menargetkan perusahaan yang membuka pelatihan kerja bagi puluhan kompetensi, dan diharap bakal diterapkan dalam waktu dekat. Peraturan ini merupakan revisi atas PP 94/2010 tentang Penghitungan Penghasilan Kena Pajak dan Pelunasan Pajak Penghasilan dalam Tahun Berjalan.

Dalam revisi PP, terdapat sejumlah kriteria industri yang dilonggarkan untuk memperoleh keringanan pajak. Insentif tersebut diberikan dalam bentuk yang bervariasi, diantaranya bagi perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan praktik kerja, magang, atau pembelajaran dalam rangka mendukung SDM dan vokasi akan mendapat fasilitas faktor pengurangan penghasilan bruto sampai 200 persen, sesuai pasal 29B.

Lalu, Wajib Pajak (WP) yang melakukan penelitian dan pengembangan di Indonesia mendapatkan fasilitas pengurangan penghasilan bruto paling tinggi 300 persen dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk penelitian dan pengembangan, sesuai pasal 29C.

Kemudian berdasarkan pasal 29A, WP yang melakukan penanaman modal baru atau perluasan usaha industri padat karya, bakal mendapatkan pengurangan penghasilan neto 60 persen dari jumlah penanaman modal.

Lalu, WP yang melakukan penanaman modal baru yang merupakan industri pionir, dengan kriteria memiliki keterkaitan luas, memberikan nilai tambah dan eksternalitas yang tinggi, memperkenalkan teknologi baru, serta memiliki nilai strategis bagi ekonomi nasional, berhak atas fasilitas pembebasan atau pengurangan PPh Badan, sesuai pasal 29. (*)

Baca Juga