Trump Wajibkan Ekspor Barang Asal Hong Kong Dilabeli Made In China

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 12 Agustus 2020 17:15 WIB
Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mewajibkan barang-barang yang masuk dari Hong Kong diberi tanda Made in China (dibuat di China).
Trump Wajibkan Ekspor Barang Asal Hong Kong Dilabeli Made In China. (Foto: Ist)

IDXChannel - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mewajibkan barang-barang yang masuk dari Hong Kong diberi tanda Made in China (dibuat di China) terhitung mulai 25 September 2020. Langkah tersebut seiring pemberlakuan Undang-Undang (UU) Keamanan Nasional China di Hong Kong.

Dilansir Reuters, Rabu (12/8/2020), langkah yang dilakukan Pemerintah Trump tersebut menyusul pemberlakuan undang-undang keamanan nasional China di Hong Kong dan keputusan AS untuk mengakhiri status khusus bekas koloni Inggris di bawah undang-undang AS, yang meningkatkan ketegangan bilateral dan sudah meningkat tarif perang perdagangan dan penanganan wabah virus korona (Covid-19).

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengungkapkan langkah terbaru ini akan membuat perusahaan-perusahaan Hong Kong dikenakan tarif perang perdagangan yang sama pada eksportir China daratan, jika mereka membuat produk tunduk pada bea ini.

“45 hari setelah publikasi, barang harus ditandai untuk menunjukkan bahwa asalnya adalah 'China’. Keputusan ini dilakukan setelah Amerika Serikat memutuskan bahwa Hong Kong tidak lagi cukup otonom untuk membenarkan perlakuan yang berbeda dalam kaitannya dengan China,” jelasnya. (*)

Baca Juga