AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20116.20
-0.27%
-55.07
N225
26604.84
-0.27%
-72.96
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

5 Manfaat Penerapan Aplikasi Presensi Online untuk Perusahaan

MILENOMIC
Fahmi Abidin
Minggu, 01 Mei 2022 15:58 WIB
Aplikasi presensi android karyawan online, selain memaksimalkan kinerja karyawan, aplikasi ini juga mempermudah perusahaan melakukan penilaian kinerja karyawan.
5 Manfaat Penerapan Aplikasi Presensi Online untuk Perusahaan. (Foto: Adv/Mekari)
5 Manfaat Penerapan Aplikasi Presensi Online untuk Perusahaan. (Foto: Adv/Mekari)

IDXChannel - Seiring dengan perkembangan teknologi aplikasi presensi android, banyak hal di dunia ini yang mendapatkan pengaruh besar dari salah satu bentuk modernisasi tersebut. Salah satunya adalah dalam dunia kerja, di mana kemajuan teknologi lantas diterapkan untuk meningkatkan produktivitas dan keefektifan proses bisnis hingga detail-detailnya. Salah satu wujudnya adalah keberadaan berbagai aplikasi perkantoran yang sekarang sudah semakin umum digunakan.

Sedangkan di luar sana, terdapat berbagai jenis aplikasi khusus yang didesain untuk kebutuhan perkantoran. Misalnya aplikasi slip gaji yang mempermudah proses administrasi penggajian karyawan agar jauh lebih cepat dan praktis dibandingkan harus mencetak dan menulis lembaran slip gaji satu demi satu. Kemudian, ada juga aplikasi presensi online yang sanggup mengatasi beragam kekurangan yang ada dalam sistem absensi karyawan secara manual.

Berbicara soal aplikasi presensi android karyawan online, selain mampu memaksimalkan kinerja karyawan, aplikasi ini juga mempermudah perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja karyawannya. Salah satunya adalah dengan menghindari kecurangan seperti karyawan yang datang terlambat, atau bahkan mangkir, tapi kelalaiannya tidak terdeteksi lantaran adanya celah untuk berbuat curang pada sistem absensi manual.

Karena itulah aplikasi presensi online memiliki berbagai manfaat yang bisa dioptimalkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi bisnis mereka, termasuk dengan menjaga kedisiplinan karyawan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat utama bagi perusahaan dengan menerapkan sistem absensi karyawan online menggunakan aplikasi.

Manfaat Penggunaan Aplikasi presensi Online

  1. Pengumpulan data yang lebih mudah.

Idealnya, jam kehadiran karyawan perusahaan, baik itu yang datang tepat waktu atau terlambat, perlu direkapitulasi secara teratur. Apabila perusahaan hanya memiliki belasan karyawan saja, metode absensi manual barangkali masih bisa diandalkan dan pengumpulan data jam kehadiran karyawan masih tidak terlalu merepotkan.

Akan tetapi, coba bayangkan jika perusahaan sudah tumbuh dan berkembang, dan jumlah karyawan yang dipekerjakan jauh lebih banyak, bahkan sampai ribuan! Tentu saja, pengumpulan data dengan sistem absen manual akan sangat merepotkan. Belum lagi, seperti yang sudah disinggung sekilas sebelumnya, absensi yang masih dilakukan secara manual memiliki celah besar bagi karyawan nakal untuk melakukan kecurangan, sehingga informasi tentang absensinya pun tak lagi jadi valid.

Karena itulah penggunaan aplikasi presensi bisa mempermudah perusahaan dalam mengumpulkan data terkait kehadiran seorang karyawan. Baik itu untuk perusahaan dengan karyawan yang jumlahnya masih belasan, puluhan, sampai yang sudah mencapai ratusan atau ribuan, sama sekali tak ada masalah dalam pengumpulan data yang juga mempengaruhi penilaian performa seorang karyawan ini.

Belum lagi, penggunaan aplikasi tersebut pun akan mempermudah integrasi data absensi dengan data lainnya, seperti identitas karyawan di perusahaan, yang mempermudah dalam pembuatan rekapitulasi data absensi.

  1. Penghematan biaya pengadaan.

Sebelum mendengar aplikasi presensi online, metode absensi non-manual yang barangkali paling familiar di telinga masyarakat adalah metode dengan pemindaian sidik jari alias fingerprint. Meskipun mampu menghasilkan data valid yang sulit untuk dicurangi, sistem absensi dengan sidik jari membutuhkan perangkat atau peralatan tertentu yang wajib diadakan.

Belum lagi, dalam urusan pemeliharaan, teknisi yang dipekerjakan di kantor pun perlu menguasai kemampuan untuk memperbaiki alat absen sidik jari tersebut. Di samping itu, pengadaan perangkat juga membutuhkan stok perangkat cadangan untuk mengganti alat yang rusak dan tak lagi bisa diperbaiki.

Segala kerepotan tersebut bisa diatasi dengan mudah berkat penggunaan aplikasi presensi secara online. Karena sistem ini mengandalkan komputer yang terhubung ke jaringan internet, maka tak perlu ada pengadaan alat atau perangkat khusus yang pastinya bisa menghemat biaya besar-besaran.

  1. Pemantauan terhadap karyawan secara real time.

Keunggulan lainnya dari penggunaan aplikasi presensi karyawan secara online adalah kemudahan perusahaan dalam memantau para pegawai secara real time. Hal ini dikarenakan sistem absensi yang terhubung ke jaringan internet agar selalu online.

Di samping itu, sistem yang selalu online inilah yang sangat mempermudah proses pengumpulan data terkait dengan absensi karyawan. Sebab, bagian personalia atau HRD pun tak perlu lagi untuk mengunduh dan memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lain karena data akan selalu ter-update dan disinkronisasi secara otomatis lewat cloud selama sistem absensi selalu online.

  1. Akurasi perhitungan jam kerja karyawan.

Karena data absensi yang selalu di-update secara otomatis selama terhubung ke jaringan internet, maka data pun lebih akurat karena real time, alias direkam begitu sebuah tindakan atau aktivitas dilakukan. Dengan demikian, data yang terkait dengan jam berapa karyawan hadir dan melakukan absensi pun akan direkam dan dicatat oleh sistem secara otomatis begitu karyawan melakukan absensi. Dan waktu yang ditunjukkan dalam jejak rekaman tersebut selalu sama jika data diakses dari perangkat yang berbeda sekalipun.

Dengan demikian, perusahaan pun dapat mengetahui dengan lebih baik berapa jam seorang karyawan berada di kantor dan bekerja, apakah sesuai jam kerja yang telah ditentukan atau tidak – tentunya di luar izin apabila karyawan harus bertemu klien, melakukan meeting di luar kantor, dan urusan lain terkait pekerjaan yang masih mendapatkan izin dari perusahaan. Hal ini jelas sangat mempermudah perusahaan dalam menerapkan denda atas keterlambatan, atau jika perusahaan menerapkan sistem upah dengan basis jam kerja.

  1. Peningkatan kinerja karyawan.

Manfaat terakhir yang dapat perusahaan nikmati dengan penggunaan aplikasi presensi online adalah kinerja karyawan yang meningkat. Karena angka kehadiran yang tercatat dengan baik, maka karyawan pun dapat bekerja dengan tenang dan bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Di samping itu, kemudahan dan kepraktisan sistem absensi secara online inipun membuat karyawan mampu memanfaatkan waktu dengan lebih baik demi produktivitas mereka.

Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Presensi Online?

Tentunya bukan tanpa alasan penggunaan aplikasi presensi online saat ini sangat digemari. Selain adanya pengaruh pandemi Covid-19, presensi online memang memiliki keuntungan yang sangat bisa dipertimbangkan oleh perusahaan Anda. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Data Akurat

Data kehadiran merupakan data penting yang masuk setiap harinya. Jumlah karyawan yang tidak sedikit dalam suatu perusahaan terkadang membuat admin salah dalam input data, misalnya data waktu, apakah WFH atau WFO dll. Sedangkan jika menggunakan aplikasi presensi online, data yang masuk adalah data real time yang terintegrasi dengan sistem dan tentunya akurat.

  1. Lebih Aman

Selain akurat, data yang masuk dalam absensi mobile akan lebih aman. Tidak akan ada yang bisa memanipulasi saat data itu sudah masuk dalam sistem aplikasi presensi online.

  1. Rekapitulasi Lebih Mudah

Pada akhir bulan masa penggajian biasanya rekapitulasi data kehadiran akan dilakukan. Selain itu, rekapitulasi juga dilakukan untuk mereview kinerja karyawan perusahaan Anda. Penggunaan aplikasi presensi online memungkinkan rekapitulasi akan lebih mudah dilakukan karena lebih sistematis dan datanya sudah terintegrasi.

  1. Transparansi Pelaporan

Rekapitulasi absen yang lebih mudah ini juga dibarengi dengan transparansi pelaporan catatan kehadiran. Karyawan dapat melihat data presensi mereka, lembur kerja karyawan, shift kerja yang berganti dan lain-lain lebih transparan. Hal ini akan membantu evaluasi untuk meningkatkan kebijakan kinerja karyawan.

  1. Fleksibel

Berbasis online dan dapat diakses dari smartphone maupun laptop atau PC tentunya akan membuat penggunaan aplikasi presensi online lebih fleksibel. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada internet dan gadget Anda. Karyawan akan mudah melakukan presensi dan mudah menggunakan aplikasi presensi online yang biasanya lebih user friendly.

  1. Meminimalisir Kecurangan

Keakuratan dan keamanan data dalam menggunakan sistem aplikasi presensi online ini akan meminimalisir kecurangan dalam pendataan kehadiran karyawan. Data yang didapat akan sesuai dengan data yang dimasukan oleh karyawan perusahaan Anda.

  1. Lebih Efisien

Penggunaan aplikasi online untuk presensi tentunya akan lebih efisien dibandingkan pencatatan kehadiran secara manual. Ini akan menghemat waktu karyawan untuk melakukan presensi setiap harinya.

  1. Hemat Biaya

Tahukah Anda? Studi dari sebuah perusahaan di Amerika menyebutkan penerapan sistem presensi secara online dapat menghemat biaya hingga 1600 dolar.

Halaman : 1 2
link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD