AALI
10225
ABBA
474
ABDA
0
ABMM
1650
ACES
1405
ACST
262
ACST-R
0
ADES
2540
ADHI
1095
ADMF
7875
ADMG
240
ADRO
1765
AGAR
344
AGII
1530
AGRO
2130
AGRO-R
0
AGRS
214
AHAP
64
AIMS
505
AIMS-W
0
AISA
232
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
900
AKRA
4650
AKSI
570
ALDO
755
ALKA
246
ALMI
240
ALTO
294
Market Watch
Last updated : 2021/10/26 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
513.30
0.5%
+2.54
IHSG
6656.94
0.47%
+31.24
LQ45
965.04
0.39%
+3.72
HSI
26038.27
-0.36%
-93.76
N225
29106.01
1.77%
+505.60
NYSE
17169.07
0.27%
+46.83
Kurs
HKD/IDR 1,818
USD/IDR 14,150
Emas
818,997 / gram

Simak Yuk Rahasia Sukses Bikin Usaha Sampingan Demi Tambahan Cuan

MILENOMIC
Ahmad Hudayanto
Senin, 13 September 2021 07:11 WIB
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat banyak orang mulai mencari usaha sampingan.
Simak Yuk Rahasia Sukses Bikin Usaha Sampingan Demi Tambahan Cuan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat banyak orang mulai mencari usaha sampingan. Langkah ini dilakukan akibat kondisi perekonomian yang tidak pasti akibat pandemi virus corona.

Usaha sampingan bisa membantu tambahan penghasilan yang nantinya digunakan untuk membeli bahan makanan, membayar sewa, hingga tagihan menumpuk. Hal ini juga merupakan kesempatan bagi wirausahawan untuk mengeksplorasi hasrat mereka sambil menjaga keamanan pekerjaan harian mereka.

Siapa yang tidak ingin sedikit uang ekstra? Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak dari kita tertarik untuk bereksperimen dengan satu atau dua usaha sampingan. Usaha sampingan adalah langkah pertama seseorang menuju kemandirian dan fleksibilitas finansial.

Untuk seseorang dengan keluarga yang berkembang dan anggaran terbatas, pekerjaan sampingan sangat penting untuk menambah penghasilan. Bisa juga menjadi solusi untuk menjadi bos bagi diri sendiri suatu saat nanti.

Bagaimana cara memulai usaha sampingan? Berikut adalah lima langkah pentingnya, dilansir dari Entrepreneur, Minggu (12/9/2021):

1. Kenali Pasar

Anda baru saja membuat terobosan besar, dan ide itu akan mengubah dunia. Menyenangkan, bukan? Sekarang hanya perlu mempertimbangkan berapa banyak pekerjaan yang akan dilakukan proyek ini sehingga benar-benar dapat berhasil.

Berinvestasi dalam riset pasar sebelum memasuki pasar apa pun membantu wirausahawan memahami kebutuhan juga keinginan pelanggan potensial mereka dan di mana persaingan dapat terjadi di kemudian hari.

Satu-satunya cara berada dalam posisi sukses adalah dengan memahami pasar dan apa yang diinginkan pelanggan. Jika menemukan ada sesuatu yang hilang dari produk atau layanan, itu akan memberikan kesempatan untuk memperbaiki di kedua ujungnya.

Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana pelanggan menikmati menggunakan barang tersebut dan mengetahui kelemahan yang mungkin belum diatasi oleh pesaing.

2. Buat Rencana dan Tetapkan Tujuan

Tujuan adalah bahan bakar yang membuat ambisi tetap menyala. Tanpa mereka, mungkin akan tersesat dalam labirin tak berujung tanpa tujuan untuk dicapai. Jika ada satu hal yang telah dikuasai oleh semua pengusaha sukses, itu adalah bagaimana menetapkan tujuan dan kemudian menindaklanjuti pencapaian tujuan tersebut sampai mereka mencapai hasil atau garis tujuan yang diinginkan.

Sebuah rencana bisnis adalah alat penting bagi setiap pengusaha. Ini memberikan penunjuk arah untuk hasil yang diinginkan, membantu fokus pada apa yang penting dan memotivasi ketika di sepanjang jalan segala sesuatunya menjadi sulit. Rangkaian tujuan yang solid bisa sangat bermanfaat terlepas dari apakah Anda memutuskan untuk mengubah hobi menjadi karir utama atau hanya ingin memastikan bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

3. Mulailah Dengan Proyek Kecil untuk Uji Coba

Banyak pengusaha takut mengambil risiko. Dan tidak mengherankan jika beberapa dari mereka tidak meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang sebenarnya mereka inginkan dalam bisnis. Menguji ide sebelum membuat keputusan kemungkinan akan menyelamatkan dari kegagalan.

Salah satu cara untuk menguji bisnis adalah dengan memulai dengan proyek kecil dan melihat bagaimana perasaan tentang usaha itu. Ini akan memberi beberapa sudut pandang, apakah jenis usaha ini sejalan dengan yang diinginkan dalam hidup serta jika ada masalah yang perlu ditangani sebelum membuat komitmen yang lebih besar.

4. Temukan Audiens untuk Usaha Anda Sebelum Memasarkan.

Bagaimana seharusnya memasarkan usaha? Audiens mana yang harus ditargetkan? Pengusaha sering bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini sebelum mereka memulai kampanye pemasaran. Mungkin akan merasa sulit untuk memasarkan usaha Anda ketika tidak memiliki audiens.

Audiens target memainkan peran penting dalam menetapkan nilai jual unik dan menentukan promosi dan iklan di masa mendatang.

Penting untuk mengetahui siapa audiens sebelum mulai mengerjakan apa pun. Jadi, dalam hal meluncurkan usaha sampingan atau meningkatkan bisnis, tidak akan ada kejutan yang bisa berujung pada kegagalan.

5. Bersikaplah Realistis Tentang Pencapaian Jangka Panjang

Untuk membuat usaha sampingan sukses, jangan lupa untuk membuat rencana jangka panjang dengan tetap realistis. Pertimbangkan apakah mampu mencapai sesuatu yang diinginkan dan berapa banyak waktu yang diperlukan sebelum memutuskan apakah tujuan itu dapat dicapai.

Perencanaan jangka panjang sangat penting untuk bisnis yang sukses. Tujuan jangka panjang adalah langkah besar yang akan membawa ke tempat yang diinginkan, dan setiap mimpi dimulai dengan satu tujuan dalam pikiran. Fokus pada seperti apa permainan akhir di masa depan sehingga rencana jangka panjang ini dapat membantu mengurus semua detail lainnya di sepanjang jalan.

Tanggung jawab keuangan bisa menakutkan, tetapi tidak harus begitu. Jika ingin mengendalikan masa depan dan menjalani hidup tanpa kekhawatiran finansial, sekarang adalah kesempatan yang tepat untuk memulai usaha sampingan. (TYO)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD