AALI
9925
ABBA
290
ABDA
7000
ABMM
1380
ACES
1275
ACST
194
ACST-R
0
ADES
3400
ADHI
840
ADMF
7625
ADMG
188
ADRO
2310
AGAR
364
AGII
1390
AGRO
1325
AGRO-R
0
AGRS
163
AHAP
70
AIMS
362
AIMS-W
0
AISA
175
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
1100
AKRA
800
AKSI
755
ALDO
1375
ALKA
314
ALMI
288
ALTO
258
Market Watch
Last updated : 2022/01/21 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
513.72
1.77%
+8.94
IHSG
6726.37
1.5%
+99.50
LQ45
959.76
1.74%
+16.42
HSI
24965.55
0.05%
+13.20
N225
27522.26
-0.9%
-250.67
NYSE
16663.77
-0.92%
-155.21
Kurs
HKD/IDR 1,840
USD/IDR 14,345
Emas
847,450 / gram

Pantau Kebugaran secara Cepat dan Tepat, XL Axiata Gandeng RS MMC Terapkan IoT Wearable Device

ECONOMICS
Fahmi Abidin
Selasa, 30 November 2021 17:22 WIB
XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions telah mengembangkan perangkat canggih untuk memantau kondisi kebugaran seseorang, yaitu Iot Wearable Device.
Pantau Kebugaran secara Cepat dan Tepat, XL Axiata Gandeng RS MMC Terapkan IoT Wearable Device. (Foto: Dok XL Axiata/Advertorial)
Pantau Kebugaran secara Cepat dan Tepat, XL Axiata Gandeng RS MMC Terapkan IoT Wearable Device. (Foto: Dok XL Axiata/Advertorial)

IDXChannel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions telah mengembangkan perangkat canggih untuk memantau kondisi kebugaran seseorang, yaitu Internet of Things (IoT) Wearable Device. Solusi tersebut dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu.

Untuk penerapan layanan ini lebih lanjut, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). Penandatanganan kerja sama kedua pihak dilakukan oleh Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto, dan CEO Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, di Jakarta, Jumat (12/11).

Feby Sallyanto mengatakan, komitmen untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus dilakukan, termasuk juga untuk menjalin kerja sama dengan industri teknologi kesehatan.

XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat,” ujarnya.

XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Kelebihan lainnya dari perangkat XL Axiata Wearable Device ini adalah adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat canggih ini akan sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugarannya atau pun melakukan deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.

Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, mengatakan bahwa RS MMC selalu berusaha untuk menghadirkan value tambahan bagi seluruh pasien, yaitu salah satunya dengan solusi Internet of Things (Iot) yang saat ini sudah tersedia, bekeja sama dengan XL Axiata Business Solutions.

“Dengan adanya perangkat IoT Wearable Device atau Smart Healthcare di Wellness Centre RS MMC, diharapkan pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuhnya masing-masing karena saat ini sudah dapat mengukurnya secara realtime. Dengan demikian, saat ini para pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan,” tuturnya.

Dr. Roswin menambahkan, selaras dengan motto utama RS MMC yaitu mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien, kerja sama pengembangan solusi Internet of Things (IoT) bersama XL Axiata Business Solutions ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif.

“Pasien nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap bukan hanya fitur Smart Healthcare yang dapat mengukur dan mendeteksi kebugaran pasien, namun juga pendampingan langsung oleh dokter spesialis RS MMC,” ucapnya.

Perangkat Smart Healthcare ini akan hadir pada Wellness Centre RS MMC, yang merupakan layanan baru. Perangkat cerdas ini akan digunakan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga saat mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien.

Berbeda dengan pusat kebugaran lainnya, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging track, Wellness Centre disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Mengenai kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan RS MMC, menurut Feby, solusi XL Axiata Wearable Device tak hanya disediakan untuk pusat kebugaran, tetapi  juga bagi layanan lainnya.

Feby menuturkan, RS MMC adalah pelanggan korporat yang telah menerapkan beberapa solusi ICT lain dari XL Axiata Business Solutions untuk mendukung operasional. Antara lain konektivitas layanan internet dedicated corporate dan access point, serta komunikasi bisnis.

“Ke depannya, kami berharap akan bisa terus mengembangkan solusi berbasis IoT untuk sektor teknologi kesehatan serta memperkaya insight yang didapat. Kami akan memperluas kerja sama dengan sejumlah pusat kesehatan dan juga pusat kebugaran,” ujarnya.

Kini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri.

Selain itu, XL Axiata Business Solutions memiliki berbagai layanan yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktifitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif yang dapat diakses pada www.xlaxiata.co.id/bisnis.

(Adv)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD