Makoto Uchida Jadi CEO Baru, Ini Tantangan Nissan
IDXTainment
Fahmi Abidin
Rabu, 09 Oktober 2019 13:45 WIB
Perusahaan otomotif asal Jepang Nissan Co akhirnya menunjuk Makoto Uchida menjadi Chief Executive Officer (CEO) yang baru menggantikan Hiroto Saikawa.
Makoto Uchida Jadi CEO Baru, Ini Tantangan Nissan. (Foto: Ist)

IDXChannel - Perusahaan otomotif asal Jepang Nissan Co akhirnya menunjuk Makoto Uchida menjadi Chief Executive Officer (CEO) yang baru menggantikan Hiroto Saikawa. Sebelumnya ia merupakan Senior Vice President (SVP) Nissan.

Meski demikian, langkah Nissan mengangkat Makoto dianggap mengejutkan karena namanya belum pernah di dengar publik sehingga tidak diperhitungkan di dunia otomotif.

Sementara itu, untuk posisi Chief Operating Officer (COO) Nissan menunjuk Ashwani Gupta, lalu wakilnya diemban oleh Jun Seki. Merebak kabar, Jun merupakan kandidat kuat mengisi posisi CEO baru.

Namun banyak yang menyangsikan kepimpinan Uchida akan mampu menanggulangi permasalahan yang ada di Nissan saat ini, ia mengemban misi berat terutama soal mengurangi insentif, biaya promosi dan rencana memangkas produksi global sebesar 10 % hingga 2023, hingga PHK 12.500 pekerjaan.

Diungkapkan Chairman Nissan Yasushi Kimura, ketiga nama baru yang diangkat tersebut sejatinya harus bisa melakoni tanggung jawab besar yaitu memimpin organisasi global sebesar Nissan dan bertanggung jawab.

“Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan. Dengan kepemimpinan bersama di mana mereka akan mendukung satu sama lain membuat pengambilan keputusan lebih transparan,” pungkap Yasushi Kimura.

Sekadar informasi, sebelumnya mantan Chairman Nissan Carlos Ghosn dan mantan CEO Hiroto Saikawa mengundurkan diri akibat kasus hukum yang menimpanya. Ghosn resign pasca terjerat skandal keuangan dan kini sedang menunggu putusan pengadilan di Tokyo. Sedangkan Saikawa mundur karena tertangkap tangan menerima gaji lebih tinggi dari seharusnya. (*)

Baca Juga