AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/09/26 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.43
-0.46%
-2.48
IHSG
7127.50
-0.71%
-51.08
LQ45
1020.20
-0.53%
-5.44
HSI
17855.14
-0.44%
-78.13
N225
26548.61
0.44%
+117.06
NYSE
13580.39
-1.57%
-216.61
Kurs
0
0
Emas
0 / gram

Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi, dari Jualan Cireng hingga Tambang Batu Bara

INSPIRATOR
Aiq Haidar/SEO
Jum'at, 23 September 2022 14:57 WIB
Perjalanan bisnis Muhamad Catur Gunandi ini patut untuk Anda simak. Pengusaha yang pernah naik daun lantaran produk Cireng Salju Bonju yang booming.
Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi, dari Jualan Cireng hingga Tambang Batu Bara (Foto: MNC Media)
Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi, dari Jualan Cireng hingga Tambang Batu Bara (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Perjalanan bisnis Muhamad Catur Gunandi ini patut untuk Anda simak. Pengusaha yang pernah naik daun lantaran produk Cireng Salju Bonju ini kembali hangat untuk diperbincangkan.

Muhamad Catur Gunandi atau yang akrab disapa Mister Catur ini merupakan sosok di balik perusahaan yang tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Kisahnya selama meniti karier dapat dijadikan motivasi dalam berbisnis.

lantas, bagaimana kisah perjalanan bisnis Muhamad Catur Gunandi tersebut? Tim IDXChannel telah merangkum informasinya dari berbagai sumber. Simak ulasan ini sampai habis!

Perjalanan Bisnis Muhamad Catur Gunandi

Sosok pria kelahiran Cimahi 1984 ini diketahui memulai karier di berbagai perusahaan seperti PT Astra Daihatsu Motor sebagai Planning and Production, PY Medco Energi Internasional sebagai Procurement and Logistic, dan juga PT Pertamina (Persero) sebagai Sales and Marketing.

Jam terbangnya saat bekerja diperusahaan menjadi cikal bakal kesuksesan pria tersebut tumbuh. Ia juga memiliki berbagai pencapaian atau prestasi seperti Best Of Astra Employee dengan Jardine Awardsnya di Astra Daihatsu, selain itu ia juga mendapatkan The Best Key Account Manager di PT Pertamina (Persero).

Tak cukup sampai situ saja, prestasi lainnya yang diperoleh Mister Catur yakni, ia pernah terpilih berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di General Electric University.

Muhamad Catur Gunandi juga aktif di berbagai organisasi seperti KADIN, HIPMI, HIPPI dan juga Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Bahkan dia juga mendirikan organisasi yang diberi nama Indonesia Aeronautic Astronautic Indonesia (IAAI).

Awal Mula Menjadi Pengusaha

2014 menjadi tahun bagi Mister Catur untuk melangkah menjadi pengusaha. Pada tahun tersebut dirinya memutuskan untuk mendirikan sebuah usaha yang diberi nama PT Bonju Indonesia Mas.

Perusahaan milik Mister Catur ini membuat produk bernama Cireng Salju Bonju yang akhirnya booming dengan memiliki omzet miliaran rupiah perbulan. 

Dikenal dengan jargon 'Tukang Cireng Naik Haji' produk tersebut mampu menjangkau pasar luar negeri, usaha cireng ini juga telah memiliki banyak reseller yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Mister Catur juga mendirikan dan mengembangkan perusahaan yang cukup dikenal seperti PT Jagat Baratama yang fokus dalam bidang mining contractor services dan construction services.

Adapula PT Emnindo Jaya Abadi yang melayani logistic dengan pengangkutan khusus di industri pertambangan. Hingga pada 2017, ia bergabung dengan PT Arkananta Apta Pratista (ARKA) sebagai Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Chief Financing Office (CFO).

Perjalanan bisnis Muhamad Catur Gunandi tampaknya tak berhenti sampai disitu, ia merambah di perusahaan tambang batu bara dan energy Kayan Group sebagai shareholder di anak perusahaanya.

Diketahui omzet total keseluruhan perusahaan Mister Catur mencapai Rp800 miliar per tahun dan akan bertumbuh hingga Rp2 triliun per tahun.

Tahun 2020 Mister Catur mendirikan PT Wana Dirga Nusatara yang menjadi distributor resmi composite material 'Tufftrack' dan distributor resmi Fiberglass Reinforcement Pipe (RFP) yang berfokus pada material komposit dan pipa industri.

Omset awal PT Wana Dirga Nusantara mencapai Rp4 miliar, dan dalam satu tahun meningkat menjadi Rp50 miliar dan hingga 2022 ini diproyeksikan akan mencapai angka Rp100 miliar 

Diketahui juga pada 2021 Mister Catur mendirikan sebuah perusahaan, PT HM Aviation, konsultan penerbangan spesialis  lessor konsultan, training dan suku cadang aviasi.

Demikianlah sederet kisah perjalanan Muhamad Catur Gunandi. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan untuk Anda.

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD