Audiensi Secara Virtual, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 Jalani Tahap II

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 12 Agustus 2020 17:30 WIB
Pada Rabu (12/8/2020), penjurian tahap II audiensi virtual juri dan peserta terpilih telah dilaksanakan dan diikuti tiga perusahaan.
Audiensi Secara Virtual, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 Jalani Tahap II. (Foto: Ist)

IDXChannel -Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap inovasi untuk kemajuan dunia usaha dan ekonomi Indonesia, IDX Channel kembali menggelar IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII), sejak 31 Agustus 2020 dan kini sudah masuk audiensi tahap II yang dilakukan secara virtual.

IDX Channel mengajak lebih dari 700 perusahaan tercatat hingga yang belum tercatat di lantai bursa untuk meriahkan ajang tahunan tersebut. Pada Rabu (12/8/2020), penjurian tahap II audiensi virtual juri dan peserta terpilih telah dilaksanakan dan diikuti tiga perusahaan yakni PT Transkon Jaya Tbk, PT ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center dan PT Jakarta Propertindo.

“Saya berharap para peserta yg mayoritas emiten bursa efek mampu menghadirkan inovasi berbasiskan teknologi yg berkelanjutkan, dibutuhkan masyarakat yg belum tersentuh internet, bukan hanya untuk meningkatkan kinerja perusahaan, namun juga bisa berdampak ke kesehatan, pendidikan, sosial & ekonomi,” kata Pakar Ekonomi Digital, Founder and CEO Digital Enteprise Indonesia dan Executive Chairman Digital Banking Institute, Bari Arijono, S.SI, MM, salah satu Juri di ajang ICAII 2020.

Dalam ajang penghargaan tahunan ini, terdapat empat kategori inovasi yang diikutsertakan yakni Inovasi Proses Internal, Inovasi Hubungan Eksternal, Inovasi Produk dan Model Bisnis, dan Inovasi Bidang Sustainability.

Menurut Bari terkait dengan penilaian, para peserta akan dilihat terkait kriteria yang unik, berbeda dan memiliki value lebih dengan memanfaatkan teknologi digital, online dan mendukung CHS Contactless, Healthy, Secure.

Sejatinya ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada pihak atau perusahaan yang telah berjuang melakukan inovasi di sektor masing-masing, demi menyelesaikan masalah, menciptakan nilai tambah untuk pelanggan, klien, dan meningkatkan kinerja sistem hingga berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Dengan hadirnya acara ini, IDX Channel berharap dapat mendorong semakin banyaknya tercipta inovasi terbaik demi kemajuan teknologi & ekonomi di Indonesia.

Ditegaskan Bari, inovasi di dunia teknologi memiliki dampak ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi nasional melonjak tajam sejak 2017 lalu dari hanya dibawah 2 persen sekarang sudah mencapai lebih dari 20 persen yang dipercepat oleh pandemi. “Transaksi digital meroket, konvensional terjun bebas akibat PSBB,” ujarnya.

Ke depan diproyeksikan ekonomi digital akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional yang tetap berlandaskan UMKM. “Jadi kuncinya ada di digitalisasi UMKM yang massive, didukung regulasi dan pendanaan dari pemerintah. Setiap 1 juta UMKM Digital akan memberikan kontribusi Rp103-105 triliun. (*)

Baca Juga