Benny Tjokro dan Heru Hidayat Diminta Segera Lunasi Utang ke Asabri

Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 14 Januari 2020 12:15 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga meminta Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat segera melunasi utang ke perusahaan asuransi plat merah tersebut.
Benny Tjokro dan Heru Hidayat Diminta Segera Lunasi Utang ke Asabri. (Foto: Ist)

IDXChannel – Demi mengatasi persoalan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri mulai dari penurunan investasi saham hingga utang, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga meminta Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat segera melunasi utang ke perusahaan asuransi plat merah tersebut.

Sekadar diketahui, Benny Tjokrosaputro merupakan Direktur Utama PT Hanson International Tbk dan Heru Hidayat adalah Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk yang memiliki utang kepada Asabri.

“Kita harapkan ini terdapat utang-utang dari yang diakui juga dan diharapkan mereka melakukan pembayaran seperti Benny Tjokro dan Heru Hidayat," kata Arya di Jakarta, pada Senin (13/1/2020).

Meski tak menyebutkan total utang Hanson dan Tram kepada Asabri, namun ditambahkan Arya, berharap kedua orang tersebut bisa memenuhi tanggung jawabnya. Ia juga menyebutkan bahwa Kementerian BUMN akan segera membenahi persoalan terkait penempatan investasi Asabri pada saham-saham berkinerja kurang bagus.

Arya menilai proses penyelesaian masalah Asabri berbeda dengan Jiwasraya karena Asabri merupakan perusahaan asuransi sosial, bukan perusahaan asuransi yang murni bisnis seperti Jiwasraya.

“Kalau Jiwasraya investor bisa masuk karena perusahaan asuransi tersebut murni bisnis dan bisa mengeluarkan produk, maka mekanisme bisnis yang dibuat untuk Jiwasraya tidak bisa diterapkan ke perusahaan asuransi seperti Asabri," tutur dia.

Operasional Asabri sejauh ini masih normal meski didera masalah. Asabri masih memungut premi sekaligus membayarkan klaim tepat pada waktunya. “Jadi kalau terdapat klaim dari pensiunan dan sebagainya, itu bisa dibayarkan oleh Asabri,” kata Arya. (*)

Baca Juga