Dukung Wisata NTB, PLN Pastikan Pasokan Listrik di KEK Mandalika Siap

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 14 Februari 2020 15:15 WIB
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Memastikan kesiapannya untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Dukung Wisata NTB, PLN Pastikan Pasokan Listrik di KEK Mandalika Siap. (Foto: PLN)

IDXChannel - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Memastikan kesiapannya untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kesiapan pasokan listrik juga dipastikan akan aman untuk mendukung perhelatan akbar MotoGP pada 2020 mendatang.

Dikatakan Senior Manager Perencanaan PLN Unit Induk Wilayah NTB Arsyadany Ghana Akmalaputri, memastikan bahwa pasokan listrik untuk KEK Mandalika masuk ke dalam sistem kelistrikan Lombok.

Pasokan utama listrik kawasan ini ditopang oleh dua gardu induk (GI) yaitu GI Kuta berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan GI Sengkol berkapasitas 30 MVA di Lombok Tengah.

“Saat ini GI Kuta baru memiliki beban sebesar 8,8 Megawatt (MW). Kami juga akan menambah kapasitas GI Kuta sebesar 60 MVA, jika bebannya terus meningkat,” terang Arsyadany.

PLN pun telah memiliki cadangan daya listrik yang cukup untuk mendukung KEK Mandalika. Saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 294 MW dengan beban puncak mencapai 264 MW, sehingga terdapat cadangan sebesar 30 MW.

Terkait kesiapan menghadapi sejumlah event internasional yang akan digelar di Mandalika, khususnya Moto GP pada 2021, Arsyadany mengatakan bahwa dari sisi distribusi pihaknya telah menyiapkan desain yang mengacu pada event-event besar seperti SEA Games dan Asian Games di Palembang dan Jakarta.

Dimana tempat tersebut akan menjadi daerah bebas padam (zero down time) dengan menyiapkan berbagai genset dan uninterruptible power systen (ups) sebagai cadangan listrik.

“Jadi untuk listrik kami siap layani kebutuhan KEK Mandalika. Khusus untuk event internasional, kami akan back up lagi dengan genset dan ups supaya lebih aman. Intinya PLN siap melistriki gelaran MotoGP di sini,” imbuh Arsyadany.

Jumlah pelanggan di KEK Mandalika tercatat sebanyak 169 pelanggan dengan daya tersambung sebesar 766,1 kilo Volt Ampere (kVA). Adapun rencana kebutuhan prediksi kebutuhan listrik di KEK Mandalika akan meningkat menjadi 24.712 kVA pada 2025.

Saat ini, terdapat lima calon pelanggan besar yang masih melakukan proses pembangunan, yaitu Hotel Pulman, Royal Tulipe Hotel, Paramount Hotel dan dua lokasi UMKM ITDC Mandalika dengan total daya tersambung sebesar 4.723 kVA. (*)

Baca Juga