Fitch Ratings Beri Peringkat A-(idn) untuk Buana Lintas Lautan
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 20 September 2019 17:00 WIB
Fitch Ratings Indonesia memberikan Peringkat Nasional Jangka Panjang A-(idn) kepada PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL).
Fitch Ratings Beri Peringkat A-(idn) untuk Buana Lintas Lautan. (Foto:Ist)

IDXChannel - Fitch Ratings Indonesia memberikan Peringkat Nasional Jangka Panjang A-(idn) kepada PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), hal tersebut mencerminkan posisi perusahaan yang solid dan stabil dalam industri perkapalan Indonesia.

Berdasarkan keterangan pada Kamis (19/9), posisi solid tersebut yang didukung oleh peraturan cabotage, hubungan yang kuat dengan pelanggannya, perusahaan minyak nasional PT Pertamina (Persero) (BBB/Stabil), dan proporsi kontrak time-charter yang besar.

“Kami memperkirakan profil leverage yang moderat untuk tiga tahun ke depan, dengan FFO adjusted gross leverage di bawah 4x, setelah memperhitungkan investasi untuk pertumbuhan armada yang signifikan selama periode tersebut,” ungkap perseroan.  

Melihat dari faktor-faktor penggerak peringkat Buana Lintas Lautan, bisa dilihat visibilitas pendapatan dari Kontrak Charter dimana BULL memperoleh 75% pendapatannya di 1Q19 dari kontrak time-charter, dengan jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan spot charter, meningkatkan visibilitas pendapatan.

Sementara itu, pangsa pasar naik menjadi 80% di 2Q19 dengan tambahan kontrak time-charter. BULL kemudian menandatangani dua kontrak time-charter baru pada bulan Juli 2019 dan berharap pendapatan dari kontrak time-charter mencapai setidaknya 90% pada akhir tahun 2019. Sekitar 86% dari kapasitas armadanya, atau 18 dari 21 kapal BULL, berada di bawah kontrak time-charter pada akhir Juli 2019.

BULL juga meningkatkan pangsa pasar tanker Aframax yang disewa oleh Pertamina sebesar 42 percentage points (pp) selama tahun 2014-2019, sedangkan pangsa pasar tanker medium-range meningkat sebesar 11pp.

Pertumbuhan permintaan juga didukung oleh ekonomi Indonesia yang berkembang, yang diyakini perusahaan akan terus berlanjut. Industri kapal tanker domestik juga menikmati day rates yang relatif stabil karena kondisi industri yang terfragmentasi dengan jumlah pemain kecil yang banyak dan perlindungan dari pemain internasional melalui peraturan cabotage, yang mengharuskan penggunaan kapal berbendera Indonesia dan warga negara Indonesia untuk bertransportasi laut domestik. (*)

Baca Juga