Sri Mulyani Tegaskan Pemerintah Siapkan Empat Bansos Baru

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 12 Agustus 2020 15:15 WIB
Pemerintah berencana memberikan empat jenis bantuan sosial baru pada September 2020.
Sri Mulyani Tegaskan Pemerintah Siapkan Empat Bansos Baru. (Foto: Tim Digital Marketing IDX Channel)

IDXChannel – Pemerintah berencana memberikan empat jenis bantuan sosial baru pada September 2020. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indarwati menyampaikan bahwa kebijakan ini akan diambil untuk memberikan dorongan konsumsi masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 dapat membawa perbaikan.
Adapun empat bansos baru yang akan disalurkan pemerintah antara lain:

1. Bansos Produktif : Bansos Pertama, bansos produktif sebesar Rp 30 triliun untuk 12 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelas mikro dan ultra mikro.

2. Bansos Beras : Kedua, bansos dalam bentuk beras sebanyak 15 kilogram per kepala keluarga, untuk 10 juta penerima program keluarga harapan (PKH) dengan anggaran Rp 4,6 triliun.

3. BLT Sembako : Ketiga, bansos dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 500.000 per penerima kartu sembako dengan anggaran mencapai Rp 5 triliun.

4. BLT Pekerja : Keempat, bansos berupa BLT sebesar Rp 600.000 untuk sekitar 13 juta pekerja dengan pagu anggaran senilai Rp 31 triliun. Ini diberikan untuk pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan.

Menkeu memastikan anggaran ini tak menambah defisit. Sebab, total anggaran untuk keempat bansos baru ini mencapai Rp70,6 triliun yang berasal dari Daftar Isian Investaris Anggaran (DIPA) yang belum selesai di pagu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Adapun besaran dana DIPA yang belum selesai adalah Rp 226,1 triliun.

Program bantuan sosial ini diketahui sudah masuk ke dalam anggaran perlindungan sosial dalam program PEN dengan realisasi anggaran sebesar Rp 86,45 triliun, setara 42,3% dari total anggaran senilai Rp 203,91 triliun. Kemudian, bila dibandingkan dengan anggaran perlindungan sosial yang DIPA-nya sudah ada, penyerapannya mencapai 48,8% dari DIPA sebesar Rp 177,1 triliun.

Untuk mendorong konsumsi rumah tangga di kurtal III-2020, dilanjutkan Sri Mulyani, pemerintah juga telah mengucurkan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) dengan anagaran sebesar Rp 28,82 triliun. (*)

Baca Juga
Populer