Jokowi Siapkan Rp4,8 Triliun Bantu Penyaluran Sembako Atasi Dampak Covid-19

Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 24 Maret 2020 14:15 WIB
Presiden Jokowi tegaskan telah siapkan segala hal untuk mendukung penanganan penyebaran virus korona atau Covid-19 termasuk penyediaan sembako.
Jokowi Siapkan Rp4,8 Triliun Bantu Penyaluran Sembako Atasi Dampak Covid-19. (Foto: Ist)

IDXChannel - Presiden Jokowi tegaskan telah siapkan segala hal untuk mendukung penanganan penyebaran virus korona atau Covid-19 termasuk penyediaan sembako.

Pemerintah siap mendukung penyaluran sembako ke masyarakat. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya alokasi anggaran khusus sebesar Rp4,5 triliun untuk membantu penyaluran sembako ke masyarakat.

“Sebentar lagi kita akan keluarkan kebijakan untuk penerima kartu sembako, selama enam bulan mendatang akan kita tambah Rp50.000, sehingga diterima Rp200.000 per keluarga penerima manfaat. Anggaran yang kita siapkan Rp4,5 triliun,” ujar Jokowi.

Presiden juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk juga tetap memerhatikan ketersediaan bahan pokok untuk warga di tiap daerah masing-masing.

“Kami ingatkan daerah melihat betul ketersediaan bahan pokok dan mempertahankan daya beli masyarakat. Tiap kegiatan yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota tolong diarahkan agar itu semua bisa jadi program padat karya tunai. Ini untuk mempertahankan daya beli masyarakat,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference yang ditayangkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

“Kita usahakan agar daya belinya dapat terjaga dan bisa tetap beraktivitas dalam produksi,” ujar Jokowi.

Jokowi juga memastikan pelaksanaan program Kartu Prakerja segera dimulai. Jokowi menyebutkan pemerintah telah menyiapkan anggaran hingga Rp10 triliun untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.

“Ini kita pakai untuk antisipasi para pekerja yang terkena PHK, pekerja harian yang kehilangan penghasilan, dan pengusaha mikro yang kehilangan pasar atau omset. Alokasi anggaran yang kita siapkan Rp10 triliun. Provinsi bisa mendukung ini, siapa yang perlu diberi mulai didata dengan baik,” pungkas Jokowi. (*)

Baca Juga