Konsumsi Daging Desember 2019 Diprediksi Meningkat, Ini Strategi Berdikari
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 18 Oktober 2019 15:15 WIB
Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo memprediksi konsumsi daging masyarakat kelas menengah ke bawah di Indonesia akan mengalami peningkatan akhir tahun.
Konsumsi Daging Desember 2019 Diprediksi Meningkat, Ini Strategi Berdikari. (Foto: Ist)

IDXChannnel - Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo memprediksi konsumsi daging masyarakat kelas menengah ke bawah di Indonesia akan mengalami peningkatan akhir tahun ini.

Menurutnya, siklus ini terus berulang pada saat mendekati akhir tahun dan lebaran, terutama untuk produk daging olahan di restoran dan tempat katering.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat tersebut, Berdikari berencana impor daging dari Brazil sebanyak 10.000 ton. Kegiatan ini bukan yang pertama kalinya, tahun lalu perusahaan BUMN ini juga telah ditugasi pemerintah untuk melakukan ekspor daging India sebanyak 20.000 ton.

“Sudah tahun lalu kita daging India, kita bisa meyelesaikan penugasan 20.000-ton daging sapi India, tahun ini 10.000-ton daging Brazil, mungkin tahun 2020 kita masih dapat penugasan,” imbuhnya.

Eko menjelaskan bahwa saat ini Berdikari telah mendapatkan izin dari Kementerian BUMN dan Kementan, namun pihaknya masih menunggu izin dari Kemendag. Ia menyebutkan bahwa jika total impor daging sapi tidak bisa memenuhi tahun ini, maka pihaknya bersama PPI dan Bulog akan mengajukan revisi kuota untuk 2020.

“Jadi kami best effort berapapun kami harus pennuhi, tapi kalau tidak bisa terealisasi tahun ini, mungkin kami bersama BUMN lain, dalam hal ini PPI dan Bulog akan mengajukan revisi kuota di 2020”, pungkasnya (*)

Baca Juga