Mandiri Tingkatkan Peran Masyarakat dalam Pariwisata Lewat Rumah Kreatif BUMN
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 18 Oktober 2019 13:00 WIB
Sebagai bank terkemuka di Indonesia, PT Bank Mandiri (persero) Tbk ikut serta meningkatkan peran masyarakat dalam pariwisata melalui Rumah Kreatif BUMN.
Mandiri Tingkatkan Peran Masyarakat dalam Pariwisata Lewat Rumah Kreatif BUMN. (Foto: Ist)

IDXChannel – Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI) ikut serta meningkatkan peran masyarakat dalam pariwisata melalui Rumah Kreatif BUMN.

Mandiri membangun 17 rumah kreatif BUMN yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Tujuan dibentuknya rumah kreatif ini adalah untuk menarik minat masyarakat setempat selaku pihak yang terkena dampak langsung dari pariwisata untuk ikut berpartisipasi menjaga dan melindungi destinasi wisata.

Untuk mendukung Hal tersebut, Mandiri telah menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah mencapai total Rp15,3 triliun.

“Yang untuk KUR sektor pariwisatanya itu, terakhir itu per Agustus. Itu realisasinya hingga Rp2,48 triliun,” jelasnya.

Selain membantu mengembangkan masyarakat, Mandiri juga membantu sektor penunjang di hotel dan penginapan sekitar lokasi pariwisata sebesar Rp9,2 triliun.

Dalam menyalurkan dana KUR dan pengembangan tempat penunjang, Mandiri telah membantu pemerintah di sektor infrastruktur dengan mengeluarkan dana sekitar Rp190 triliun.

Ditambahkan Rizaldi, Mandiri sebenarnya ingin memfokuskan bantuan ke perkembangan infrastruktur di sekitar lokasi pariwisata, namun dia menjelaskan tanpa adanya daya tarik tersendiri maka pembiayaan ini akan menjadi percuma.

“Kita memang dari sisi bank inginnya masuk kedalam sini ya, tapi untuk membiayai infrastruktur ini tanpa ada sistem yang lain seperti atraksi, accessibility itu percuma. Karena siapa yang mau datang ke wilayah wisata kalau jalannya susah dan siapa yang mau invest ke situ kalau tidak ada yang datang,” pungkasnya. (*)

Baca Juga