Mayapada Group Akan Beli Dua Saham Perusahaan Milik Benny Tjokro

Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 08 Januari 2020 14:00 WIB
Anak usaha Mayapada Group, PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO), memastikan akan membeli saham anak usaha milik Benny Tjokrosaputro.
Mayapada Group Akan Beli Dua Saham Perusahaan Milik Benny Tjokro. (Foto: Ist)

IDXChannel – Anak usaha Mayapada Group, PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO), memastikan akan membeli saham anak usaha milik Benny Tjokrosaputro.

Kesepakatan awal akan diteken pada pertengahan Desember 2019. Anak grup usaha milik Dato Sri Tahir itu akan membeli 49,99% saham PT Mandiri Mega Jaya (MMJ) di bawah PT Hanson Internasional Tbk (MYRX).

Selain itu, perseroan juga akan membeli 49,99% saham PT Hokindo Properti Investama (HPI) di bawah PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO).

Tujuan Mayapada Beli Saham Dua Perusahaan Properti

Dilansir iNews, Rabu (8/1/2020), Direktur MPRO Harry Sasongko mengatakan bahwa perseroan, MYRX, dan RIMO sepakat untuk mengadakan jual beli saham pada 13 Desember 2019. Kesepakatan telah disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 17 Desember 2019.

“Tujuan pembelian saham kedua perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sama dengan emiten adalah untuk membangun aliansi strategis dalam pengembangan usaha properti dalam jangka panjang,” ungkapnya, Rabu (8/1/2020).

MPRO akan meneken perjanjian pengikatan jual beli saham (PPJB) masing-masing dengan MYRX dan RIMO paling lambat Juni 2020. Hal itu didasarkan pertimbangan pada kondisi operasional dan finansial terbaik bagi perseroan.

Soal nilai transaksi, Harry belum bisa mengungkapkan karena masih menunggu hasil penilaian dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Adapun sumber dana berasal dari right issue setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham.

Beli Saham, Mayapada Tak Pegang Kendali

Sementara itu, MPRO tidak akan menjadi pihak pengendali karena posisi tersebut tetap dipegang oleh MYRX dan RIMO. Namun, Harry optimistis laba bersih dan nilai investasi MPRO bakal meningkat setelah akuisisi tersebut tuntas.

MMJ banyak menggarap proyek properti. Salah satu yang terbesar Citra Maja Raya dengan skema joint operation antara MMJ, Armidian Karyatama (anak usaha MMJ), PT Harvest Time (anak usaha MMJ), dan Citra Benua Persada (anak usaha PT Ciputra Residence). (*)

Baca Juga