Mulai Exit Audit, Merill Lynch Sekuritas Pamit dari Indonesia?
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 17 Juli 2019 12:15 WIB
PT Merrill Lynch Sekuritas Indonesia (MLSI) diketahui mengundurkan diri dari keanggotaan Bursa Efek Indonesia (BEI).
Mulai Exit Audit, Merill Lynch Sekuritas Pamit dari Indonesia?. (Foto: Ist)

IDXChannel - PT Merrill Lynch Sekuritas Indonesia (MLSI) diketahui mengundurkan diri dari keanggotaan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai pihak perantara perdagangan atau broker. Perusahaan broker asal Amerika Serikat itu tengah dalam tahapan exit audit.

"Sudah bilang ke Bursa, kapannya nanti akan ada pengumuman resmi," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa (AB) BEI Laksono Widodo singkat, Rabu (17/7).

Proses exit audit dilakukan untuk memastikan MLSI tak lagi memiliki kewajiban sebagai AB. MLSI sendiri tercatat nihil transaksi perdagangan di BEI semenjak 11 Juli lalu. Transaksi terakhir terjadi Rabu 10 Juli untuk saham BMRI sejumlah empat lot, yakni tiga lot jual dan satu lot beli.

Banyak pihak menilai profit yang semakin menyusut menjadi alasan kuat mundurnya MLSI sebagai AB. Data BEI dan laporan keuangan perusahaan menyebutkan, jumlah modal kerja bersih disesuaikan MLSI, mencapai Rp 255,82 miliar. Perusahaan pun sebetulnya masih membukukan keuntungan.

Saham perusahaan sekuritas dengan kode broker ML dikuasai oleh Merrill Lynch International Inc sebanyak 80%. Sisanya sebesar 20% dipegang oleh PT Persada Kian Pastilestari. Tidak lagi menjadi broker, MLSI dikabarkan akan beralih ke bisnis investment banking.

Berdasarkan pemberitaan AP News pada 9 Januari 1996 ketika mendapat lisensi atau izin dari otoritas pasar modal, Merrill Lynch dikendalikan oleh Hashim Djojohadikusumo.

Sementara itu, Merrill Lynch terakhir melakukan transaksi pada Rabu 10 Juli, dimana terjadi transaksi juga di saham BMRI sebanyak 4 lot, terdiri dari 3 lot jual dan 1 lot beli.

MLSI menyusul perusahaan sekuritas Deutsche Indonesia dengan kode broker DB, yang telah lebih dulu menyatakan mundur sebagai AB. (*)

Baca Juga