Siapkan Dana USD250 Juta, Warren Buffett Bakal Borong Saham IPO

Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 10 September 2020 09:00 WIB
Kabar mengejutkan datang dari dunia pasar modal dimana Warren Bufett berencana memborong saham perusahaan yang segera IPO.
Siapkan Dana USD250 Juta, Warren Buffett Bakal Borong Saham IPO. (Foto: Ist)

IDXChannel - Kabar mengejutkan datang dari dunia pasar modal dimana Warren Bufett berencana memborong saham perusahaan yang segera IPO yakni perusahaan cloud-data, Snowflake, dengan dana investasi yang disiapkan Berskhire Hathaway sebesar USD250 juta.

Aksi investor berusia 90 tahun tersebut terungkap dalam dokumen IPO Snowflake yang disampaikan kepada otoritas bursa New York atau New York Stock Exchange (NYSE).

Sekadar diketahui, Snowflake didirikan pada 2012. Valuasi perusahaan itu ditaksir mencapai USD12,4 miliar. Pada kuartal II-2020, Snowflake meraih pendapatan USD133 juta dengan kerugian operasional USD78 juta.

Dalam dokumen tersebut, ia setuju untuk membeli sekitar 3,1 juta saham kelas A lewat skema private placement dengan perkiraan harga IPO antara USD75-85 per saham.

Perusahaan milik Warren Buffett, Berskhire juga akan membeli 4 juta saham kelas A lainnya dari eks CEO Snowflake, Robert Muglia dengan harga IPO. Nilai pembelian saham ini mencapai USD303 - 344 juta.

Jika transaksi direalisasikan, maka Berkshire merogoh dana sekitar 550 juta dolar AS untuk 7 juta lembar saham. Jumlah itu setara 19 persen dari total saham yang akan dilepas ke publik. Selain itu, Salesforce Ventures juga sepakat membeli saham Snowflakes senilai 250 juta dolar AS.

Upaya pembelian saham IPO yang dilakukan cukup mengejutkan, pasalnya ia kerap menghindari membeli saham perusahaan yang baru melantai di bursa dan belum terlihat kinerjanya.

Bufett juga sebelumnya telah memborong saham produsen emas, komoditas yang sangat dia hindari dan mengumumkan kepemilikan lima persen saham di lima perusahaan "sogo sosha" Jepang. (*)

Baca Juga