AALI
9375
ABBA
274
ABDA
0
ABMM
2490
ACES
715
ACST
169
ACST-R
0
ADES
6175
ADHI
745
ADMF
8125
ADMG
174
ADRO
3140
AGAR
314
AGII
2340
AGRO
840
AGRO-R
0
AGRS
117
AHAP
84
AIMS
246
AIMS-W
0
AISA
151
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
1565
AKRA
1190
AKSI
268
ALDO
770
ALKA
292
ALMI
0
ALTO
193
Market Watch
Last updated : 2022/08/10 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
532.36
-0.88%
-4.74
IHSG
7051.52
-0.72%
-51.36
LQ45
1000.50
-0.81%
-8.20
HSI
19496.09
-2.54%
-507.35
N225
27819.33
-0.65%
-180.63
NYSE
15264.79
-0.27%
-41.01
Kurs
HKD/IDR 1,894
USD/IDR 14,872
Emas
855,441 / gram

10 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

MILENOMIC
Mohammad Yan Yusuf
Rabu, 09 Maret 2022 17:36 WIB
Beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula ini bisa Anda coba. Jenis investasi tidak akan mengalami kerugian besar.
10 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula. (Foto : MNC Media)
10 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula. (Foto : MNC Media)

IDXChannel - Beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula ini bisa Anda coba. Selain akan menguntungkan, jenis investasi tidak akan mengalami kerugian besar, sehingga cenderung aman. 

Lalu apa saja jenis investasi yang cocok untuk pemula? Berikut kami lansir dari berbagai sumber :

  1. Emas

Jenis investasi yang cocok untuk pemula yang pertama adalah emas. Investasi ini sudah pasti menguntungkan dan paling mudah dilakukan. 

Sebab, Anda hanya tinggal membeli emas, kemudian menyimpan di rumah atau di bank. Lalu setelah harga emas naik, Anda bisa langsung menjualnya di tempat yang sama saat kamu membeli.

Tentunya investasi emas yang dimaksud adalah logam mulia. Sebab bila menyimpan perhiasan, umum akan mengurangi kadar emas dan mengurangi nilai itu sendiri. 

  1. Reksadana

Bagi investor pemula, Anda bisa mencoba menginvestasikan reksadana. Sebab dengan reksadana, investasi akan diolah dengan pihak manajer investasi. Dengan demikian Anda tidak perlu bersusah payah mengelola reksadana. 

  1. Saham

Saat ini, khususnya anak muda memilih instrumen investasi saham. Selain proses investasi yang mudah dilakukan, saham menjadi pilihan investasi menguntungkan untuk jangka panjang meski memiliki risiko yang tinggi.

Investor saham bisa memperoleh keuntungan dari dua cara, yaitu:

Dividen, keuntungan yang dibagikan perusahaan terbuka atau Tbk kepada investor

Capital gain, keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli saham.

  1. Obligasi

Surat utang atau obligasi merupakan instrumen investasi yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Obligasi sendiri memiliki beberapa keuntungan, seperti Keuntungan dari capital gain di pasar sekunder, risiko relatif rendah, pilihan serinya beragam, dan Pemberian kupon secara periodik yang nilainya rata-rata di atas bunga deposito

  1. Deposito

Jenis investasi yang cocok untuk pemula selanjutnya yaitu deposito. Bunga deposito di bank BCA, BNI, Mandiri, BRI dan lainnya berkisar 2,75 per tahun. Namun ada pula rata-rata bunga simpanan bisa mencapai 5% per tahun.

Adapun ketentuan dalam deposito yaitu :

  • Mendaftar di bank sebagai nasabah dan pilih deposito
  • Menentukan nominal deposito per bulan
  • Menentukan jangka waktu periode, mulai dari 3, 6, 12, 24 bulan dan seterusnya
  • Simpanan deposito tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika ditarik sebelum waktunya, kamu dikenakan denda
  • Dana deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  • Pastikan nasabah menerima surat berharga dari bank
  1. Properti

Saat ini banyak orang yang berinvestasi di bidang properti. Hal ini dikarenakan nilai properti juga cenderung naik setiap waktunya. Apalagi jika properti tersebut didukung dengan hal lainnya, maka bisa jadi properti yang kamu miliki bisa dijual dengan harga tinggi.

Meski demikian, ada beberapa properti dengan nilai investasi yang menarik, yaitu : 

  • Bangunannya yang rapi dan kokoh
  • Desain yang menarik
  • Lokasinya terjangkau
  • Permintaan pasar akan suatu properti tinggi
  • Pertumbuhan penduduk di sekitar
  1. Pertanian

Jenis investasi yang cocok untuk pemula selanjutnya yaitu pertanian. Sebab, pertanian sangat dibutuhkan bagi setiap orang hingga berbagai usaha di bidang pangan, baik itu di pasar tradisional, modern, hingga kuliner. 

Bahkan saking banyaknya permintaan akan sayur mayur, bumbu dapur, hingga buah-buahan, tentunya kamu bisa merasakan hasil investasi pertanian ini dalam kurun waktu cepat atau lambat tergantung dari perkembangan pertanian.

  1. Peternakan

Selain pertanian, ada pula peternakan yang juga investasi yang sama menguntungkannya seperti pertanian. Mengingat hewan ternak merupakan sumber utama dari berbagai bidang bisnis kuliner, mulai dari kuliner olahan ayam, sapi, bebek dan sebagainya.

Tentunya bisnis kuliner ini dibutuhkan semua orang setiap waktunya. Maka bisa dipastikan, peternakan akan terus diincar para pebisnis kuliner untuk pemasok bahan produksi.

  1. Crypto (Mata Uang Digital)

Saat ini, banyak anak muda yang mulai tertarik dengan cryptocurrency atau mata uang digital. Crypto digunakan untuk bertransaksi satu orang dengan yang lain. Bukan secara tatap muka, tapi transaksi crypto dilakukan secara online.

Keuntungan crypto ini berasal dari harga mata uang digital yang bisa naik sampai 300 kali lipat. Namun, sebagai investor crypto, Anda perlu analisis dengan benar mengenai naik turunnya harga mata uang tersebut karena bersifat fluktuatif. Telat menjual saja, Anda bisa rugi.

  1. P2P Lending

Jenis investasi yang cocok untuk pemula terakhir yaitu P2P Lending atau peer to peer lending. Ini adalah platform jasa keuangan yang mempertemukan orang yang membutuhkan dana atau modal dengan orang yang memberikan modal atau investor.

P2P lending ini memberikan bunga yang cukup tinggi tapi setiap platform memiliki bunga yang berbeda-beda. Anda bisa melakukan investasi p2p lending ini di berbagai pinjaman online legal alias yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itulah 10 jenis investasi yang cocok untuk pemula. Semoga artikel ini menambah informasi dan referensi bagi Anda.

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD