Libur Akhir Tahun Dipangkas, Pengamat Ekonomi Sebut Langkah Pemerintah Tepat

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 25 November 2020 08:00 WIB
Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia, Lisman Manurung menilai rencana pemerintah memangkas cuti bersama atau libur akhir tahun adalah langkah tepat.
Libur Akhir Tahun Dipangkas, Pengamat Ekonomi Sebut Langkah Pemerintah Tepat. (Foto: Ist)

IDXChannel - Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia, Lisman Manurung menilai rencana pemerintah memangkas cuti bersama atau libur akhir tahun merupakan langkah yang tepat.

Dalam program News Screen Evening IDX Channel, Selasa (24/11/2020), Lisman menyatakan rencana pemangkasan libur akhir tahun ini merupakan kebijakan yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tanah air dan menghindari klaster wisata.

Selain itu, Lisman juga menyebutkan bahwa pemangkasan cuti bersama dipandang mampu menggenjot produksi sektor industri yang mengalami penurunan akibat pada Covid-19.

"Libur akhir tahun itu terakumulasi menjadi lebih banyak libur tahun tahun ini dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa memengaruhi produksi dari sektor bisnis dan industri. Sementara di satu sisi produktivitas kita tengah mengalami penurunan signifikan akibat pandemi Covid-19," ungkap Lisman.

Lisman beranggapan bahwa langkah ini diambil pemerintah untuk menyeimbangkan kepentingan masyarakat yang akan berlibur dengan industri khususnya investor yang telah berinvestasi di Indonesia. (*)

Baca Juga