PEFINDO Naikkan Peringkat Siantar Top dan Obligasi jadi idA+

Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 15 Januari 2020 15:45 WIB
PEFINDO menaikkan peringkat PT Siantar Top Tbk (STTP) dan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi I tahun 2016 menjadi "idA+" dari "idA".
PEFINDO Naikkan Peringkat Siantar Top dan Obligasi jadi idA+. (Foto: Ist)

IDXChannel - PEFINDO menaikkan peringkat PT Siantar Top Tbk (STTP) dan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi I tahun 2016 menjadi "idA+" dari "idA".

Kenaikan peringkat didasarkan pada peningkatan profil kredit STTP, terutama pada rasio struktur modal dan perlindungan arus kas yang sepadan dengan kategori peringkat A+.

“Kami mengharapkan STTP akan mempertahankan leverage keuangan yang konservatif, pertumbuhan pendapatan yang memuaskan, dan marjin profitabilitas yang stabil dalam jangka pendek hingga menengah di tengah persaingan yang ketat di industri,” tulis Pefindo dalam keterangan pada Rabu (15/1/2020).

Pefindo memproyeksikan rasio utang terhadap EBITDA Perusahaan tidak melebihi 1,5x karena Perusahaan tidak membutuhkan belanja modal yang signifikan dalam jangka waktu pendek hingga menengah. Prospek untuk peringkat Perusahaan direvisi menjadi "stabil" dari "positif".

Sementara itu, peringkat tersebut mencerminkan posisi Perusahaan yang kuat pada pasar makanan ringan domestik dan meluas ke pasar ekspor, profil keuangan yang kuat, dan penjualan yang terdiversifikasi dengan baik.

Meski demikian, peringkat dibatasi oleh kompetisi yang ketat pada pasar makanan kemasan, adanya risiko terkait ekspansi bisnis baru, dan eksposur terhadap fluktuasi biaya bahan baku.

Peringkat dapat dinaikkan jika STTP mampu melampaui target pendapatan dan EBITDA, serta mampu memperkuat posisinya di pasar domestik dan internasional di tengah kondisi persaingan yang ketat. Hal ini harus disertai dengan menjaga leverage keuangan yang konservatif dan marjin profitabilitas yang stabil.

Sedangkan peringkat juga dapat diturunkan jika perusahaan gagal secara substansial mencapai target pendapatan dan/atau EBITDA. Kami juga dapat menurunkan peringkat jika Perusahaan menarik utang yang jauh lebih tinggi daripada yang diproyeksikan tanpa dikompensasi dengan peningkatan kinerja bisnis. (*)

Baca Juga