Polisikan Youtuber, Pengamat Sebut Garuda Tidak Profesional
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 17 Juli 2019 18:15 WIB
Youtuber Rius Vernandez dan Elwiyana Monica, dilaporkan ke Kepolisian Resort Kota Bandara Soekarno Hatta, atas tuduhan pencemaran nama baik Garuda Indonesia.
Polisikan Youtuber, Pengamat Sebut Garuda Tidak Profesional. (Foto: Ist)

IDXChannel - Youtuber Rius Vernandez beserta tunangannya Elwiyana Monica, dilaporkan ke Kepolisian Resort Kota Bandara Soekarno Hatta, atas tuduhan pencemaran nama baik maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Hal ini sontak menimbulkan berbagai tanggapan dari publik, tak terkecuali para pengamat.

“Biasanya mereka review konten yang sama, mulai dari kenyamanan, proses check-in dan pesawatnya. Pasti akan kelihatan kalau tujuannya untuk menjelekkan satu maskapai (secara) spesifik. (Fenomena ini) bukan bukti buruknya kualitas layanan, melainkan masalah profesionalitas pihak Garuda,” papar Ziva Narendra Presiden Direktur Aviatory Indonesia (16/7).

Ia menekankan, tindakan pelaporan kepada dua penumpang Garuda tersebut berlebihan dan tidak perlu. Dalam penilaiannya, video tidak mengandung unsur pencemaran nama baik karena subjek sejatinya hanya mengkaji pelayanan maskapai penerbangan pelat merah itu. Baginya, Garuda tidak perlu berkecil hati karena pelayanannya masih di atas maskapai lain.

“Kalau kualitas hospitality dan cabin service-nya itu jauh sekali di atas rata-rata global. Kejadian yang penerbangan kemarin itu saya tidak melihat itu sebagai bentuk service quality yang rendah, justru saya melihat dari sisi perencanaan” jelasnya.

Ziva berujar, jika memang ada informasi berupa imbauan atau larangan seharusnya bisa diberitahukan sejak awal. Menurutnya hal semacam ini dapat dipastikan sebelum lepas landas, baik saat konfirmasi keberangkatan atau bahkan melalui surat elektronik.

Sebelumnya Youtuber Rius Vernandez diketahui mempublikasikan konten yang memuat ‘menu tulisan tangan’ maskapai Garuda di media sosial dan channel youtubenya. Pihak Garuda berdalih, objek tersebut hanyalah catatan pribadi awak kabin dan lantas menerbitkan aturan yang melarang pengambilan gambar di pesawat.

Tak cukup sampai di situ, Garuda lantas memperkarakan kasus ini ke Polisi. Hal ini diketahui dari unggahan Rius Vernandez lewat akun instagramnya, @rius.vernandes. (*)

Baca Juga