Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Orang Kaya Diyakini Bakal Banyak Belanja

Market News
Rina Anggraeni/Sindonews
4 hari yang lalu
Ekonomi INDEF Bhima Yudhistira mengungkapkan bahwa dengan adanya vaksinasi tersebut diyakini akan membuat kegiatan usaha optimistis pulih cepat.
Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Orang Kaya Diyakini Bakal Banyak Belanja. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1/2021), pukul 09.42 WIB, di Istana Merdeka, Jakarta. Ekonomi INDEF Bhima Yudhistira mengungkapkan bahwa dengan adanya vaksinasi tersebut diyakini akan membuat kegiatan usaha optimistis pulih cepat.

Bahkan diyakini Bhima, kecenderungan akan membaik semakin terlihat meskipun bertahap. Apalagi kelas menengah atas bisa kembali mendongkrak daya beli.

"Vaksinasi diharapkan mampu membangkitkan gairah belanja konsumen kelompok menengah dan atas," kata Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Membaiknya dunia usaha juga bertumpu pada realisasi belanja pemerintah atau stimulus Pemulihan Ekonomi Nasinal (PEN) di awal tahun. Perbaikan dunia usaha dianggap tidak optimal jika distribusi vaksin terhambat.

“Jadi perlu dipastikan target vaksinasi lebih cepat khususnya vaksin untuk masyarakat dan pelaku usaha,” ujar Bhima.

Sementara itu, Ekonom Core Piter Abdullah, menilai vaksinasi akan membantu penanggulangan pandemi tapi tidak seratus persen menjamin. Hal itu lantaran jika masyarakat tidak disiplin maka vaksinasi tidak bisa efektif.

“Penanggulangan pandemi masih membutuhkan waktu yang lama. PSBB harus tetap dijalankan secara ketat. Bila itu yang terjadi pertumbuhan ekonomi tetap akan rendah. Target 5% sulit dicapai,” pungkas Piter Abdullah. (FAHMI)

Baca Juga