AALI
9900
ABBA
392
ABDA
0
ABMM
1465
ACES
1240
ACST
234
ACST-R
0
ADES
2850
ADHI
1035
ADMF
7725
ADMG
192
ADRO
1815
AGAR
340
AGII
1520
AGRO
2020
AGRO-R
0
AGRS
175
AHAP
67
AIMS
460
AIMS-W
0
AISA
206
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
905
AKRA
4120
AKSI
420
ALDO
1050
ALKA
244
ALMI
234
ALTO
258
Market Watch
Last updated : 2021/12/02 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
504.81
1.33%
+6.61
IHSG
6547.72
0.62%
+40.04
LQ45
943.05
1.24%
+11.51
HSI
23713.36
0.23%
+54.44
N225
27750.67
-0.66%
-184.95
NYSE
16133.89
-1.13%
-185.08
Kurs
HKD/IDR 1,840
USD/IDR 14,350
Emas
821,360 / gram

Aplikasi Penjualan Barang Solusi Untuk Mengatur Penjualan di Banyak Cabang

MILENOMIC
Shifa Nurhaliza
Selasa, 09 November 2021 16:30 WIB
Saat ini, dunia bisnis memang sudah sangat jauh berkembang. Apalagi dengan adanya sebuah teknologi yang dapat memudahkan kegiatan berbisnis
Aplikasi Penjualan Barang Solusi Untuk Mengatur Penjualan di Banyak Cabang. (Foto: MNC Media)
Aplikasi Penjualan Barang Solusi Untuk Mengatur Penjualan di Banyak Cabang. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Saat ini, dunia bisnis memang sudah sangat jauh berkembang. Apalagi dengan adanya sebuah teknologi yang dapat memudahkan kegiatan berbisnis. Salah satunya aplikasi penjualan barang dan pembelian, yang fungsinya adalah memudahkan pelaku bisnis dalam mengelola penjualan.

Pada dasarnya tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah sebagai jawaban atas beberapa kendala yang dihadapi pengusaha dalam kegiatan penjualan. Salah satunya adalah pencatatan penjualan hingga laporan penjualan. Mungkin banyak yang belum tahu, tidak sedikit pengusaha mengalami masalah perhitungan transaksi setiap hari yang memakan waktu banyak. Sehingga kegiatan lain tidak dapat dikerjakan.

Sayangnya jika masalah seperti ini dibiarkan maka sama saja Anda membiarkan bisnis Anda perlahan-lahan mengalami kerugian. Maka dari itu, untuk menjaga kestabilan usaha yang dijalankan sangat perlu yang namanya pengelolaan penjualan yang tepat. Anda bisa menggunakan aplikasi penjualan barang dari Jurnal.

Dilansir dari situs Jurnal.id pada halaman situsnya mengenai aplikasi penjualan dan pembelian di https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/penjualan-pembelian/, aplikasi penjualan barang ini memiliki sejumlah fitur seperti pencatatan transaksi penjualan dan pembelian dan memonitor transaksi yang sedang terjadi pada bisnis anda secara real time.

Apa itu Aplikasi Penjualan Barang?

Apapun bisnis yang Anda jalankan pasti membutuhkan pengelolaan penjualan yang tepat. Maksudnya, jangan anggap remeh sebuah pencatatan transaksi penjualan setiap harinya. Hadirnya aplikasi penjualan dapat memudahkan pengelolaan penjualan yang Anda lakukan

Aplikasi penjualan barang dan pembelian itu sendiri merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan pencatatan, menghitung transaksi, sampai membuat laporan penjualan dalam waktu yang cepat. Data yang diberikan juga akurat dan rapi, selain itu data juga tersimpan aman di dalam database aplikasi penjualan.

Aplikasi penjualan bisa digunakan di kantor atau lokasi bisnis di mana barang atau jasa dijual kepada pelanggan. Dengan, memanfaatkan teknologi internet yang ada, aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh gerai ritel fisik namun juga bisa toko online.

Kenapa Pengusaha Harus Menggunakan Aplikasi Penjualan Barang?

Salah satu masalah yang dihadapi pengusaha yang memiliki cabang usaha adalah susahnya mengelola penjualan dalam satu tempat. Bayangkan saja jika pekerjaan ini dilakukan mondar-mandir antar cabang, pasti akan menguras waktu dan tenaga. Kalaupun Anda punya karyawan yang menjaga cabang, tentunya juga akan memakan waktu ketika Anda harus menghubungi karyawan tersebut.

Pertanyaannya, ada nggak sih cara yang lebih mudah untuk menghandle penjualan antar cabang dalam satu waktu dan satu tempat? Sederhananya, dengan aplikasi penjualan barang, Anda bisa tidak akan merasakan masalah seperti itu lagi. Apa saja sih manfaat menggunakan aplikasi penjualan dan pembelian? Berikut ulasannya

1. Mempermudah Laporan Keuangan

Setiap bisnis tentu membutuhkan laporan keuangan di setiap akhir periode untuk menampilkan posisi keuangan mereka. Dengan melihat laporan keuangan, bisnis akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cash flow, debit, dan kredit bisnis. 

Ada tiga faktor yang menunjang laporan keuangan, yaitu aset, liabilitas, serta ekuitas. Ketiga faktor ini mampu ditopang oleh aplikasi penjualan. Aplikasi yang diterapkan dalam bisnis akan mengolah seluruh transaksi yang terjadi dalam periode penjualan, dan menghasilkan neraca keuangan dengan sangat cepat, bahkan real time.

2. Menentukan Keputusan Bisnis

Hasil analisa dari aplikasi tidak hanya cepat, tapi juga dapat diandalkan. Grafik penjualan produk yang ditampilkan dalam neraca keuangan dari software penjualan dapat dijadikan acuan saat pelaku bisnis meninjau perkembangan bisnisnya. 

Pengambilan keputusan bisnis juga menjadi lebih mudah karena data yang ditampilkan sudah teruji kekuatannya. Manfaat ini sangat berguna, terutama untuk bisnis dalam skala menengah yang membutuhkan keputusan yang akurat dalam waktu cepat.

3. Data untuk Stok Barang

Barang-barang yang dijual merupakan aset yang wajib dikelola dengan apik, baik dalam segi kuantitas maupun kualitasnya. Pendataan barang secara manual mungkin tidak begitu merepotkan untuk bisnis dalam skala kecil, namun bagi pelaku bisnis UKM atau bisnis raksasa, pendataan barang secara manual mustahil dilakukan. Aplikasi penjualan merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Dengan memanfaatkan fitur dalam aplikasi, maka akumulasi stok barang yang masuk maupun keluar dari gudang akan tercatat secara rapi. Menggunakan fitur aplikasi untuk penjualan juga akan mempermudah proses procurement karena Anda dapat melihat stok barang yang tersisa. Bahkan, beberapa aplikasi juga mampu membandingkan persediaan barang setiap bulannya.

Dengan aplikasi tersebut, kondisi persediaan barang yang disimpan juga dapat diperiksa dengan cepat, karena aplikasi memungkinkan pencatatan tanggal kadaluarsa atau tanggal maintenance dari sebuah barang. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mengambil keputusan dalam pengadaan, maupun melakukan promosi potongan harga untuk menghabiskan stok yang sudah lama disimpan.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut merupakan hal yang sangat berguna untuk menopang bisnis. Semakin dini pengadopsian aplikasi penjualan barang dan pembelian, akan semakin cepat juga bisnis Anda berkembang. Jadi, tunggu apa lagi?

Penjualan yang tinggi akan memudahkan bisnis untuk berkembang dengan pesat. Semakin tinggi angka penjualan berarti semakin tinggi pula laba dan keuntungan yang didapat oleh perusahaan

Dengan besarnya manfaat penjualan untuk bisnis, Anda juga perlu tahu bahwa bisnis akan semakin pesat perkembang dengan pengelolaan keuangan yang baik. Untuk memudahkan Anda mengelola sistem keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari yang dilengkapi fitur pengelolaan keuangan yang komprehensif.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi penjualan barang dan pembelian Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari. (SNP)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD