AALI
9975
ABBA
400
ABDA
0
ABMM
1450
ACES
1305
ACST
230
ACST-R
0
ADES
2950
ADHI
1025
ADMF
7700
ADMG
210
ADRO
1700
AGAR
340
AGII
1600
AGRO
2130
AGRO-R
0
AGRS
177
AHAP
65
AIMS
486
AIMS-W
0
AISA
208
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
860
AKRA
3970
AKSI
416
ALDO
1020
ALKA
244
ALMI
246
ALTO
280
Market Watch
Last updated : 2021/11/30 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
497.28
-2.19%
-11.12
IHSG
6533.93
-1.13%
-74.36
LQ45
930.98
-2.07%
-19.70
HSI
-74.94
-100.31%
-23927.18
N225
346.43
-98.78%
-27937.49
NYSE
59.11
-99.64%
-16565.76
Kurs
HKD/IDR 1,834
USD/IDR 14,318
Emas
825,609 / gram

Bisa Datangkan Cuan, Ini Lho Tujuh Keuntungan Investasi di Sektor Properti

MILENOMIC
Shelma Rachmahyanti/Sindo
Minggu, 07 November 2021 10:39 WIB
Jika ingin berinvestasi, maka properti bisa memberikan hasil yang cukup menjanjikan lho.
Bisa Datangkan Cuan, Ini Lho Tujuh Keuntungan Investasi di Sektor Properti. (Foto: MNC Media)
Bisa Datangkan Cuan, Ini Lho Tujuh Keuntungan Investasi di Sektor Properti. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Jika ingin berinvestasi, maka properti bisa memberikan hasil yang cukup menjanjikan lho. Sektor ini bisa memberikan Anda memperoleh penghasilan pasif dan juga memberikan banyak keuntungan jangka panjang.

Adapun banyak investor yang memilih untuk menanamkan modal di bidang properti agar dapat mengamankan hartanya dari ancaman inflasi. Lalu, apa saja keuntungan dari investasi properti?

Dikutip dari Knight Frank, Minggu (7/11/2021), berikut keuntungan-keuntungan dari investasi properti:

1. Harga Selalu Naik, Nilai Investasi Selalu Naik

Seperti yang kita ketahui jika harga tanah tiap tahunnya selalu meningkat, inilah yang menjadi keuntungan jika memilih untuk investasi properti. Harga tanah atau harga properti makin tahun makin naik atau meningkat. Nilai properti ketika dijual masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga pembelian pertama.

2. Investasi Jangka Panjang

Ada dua jenis investasi, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka Panjang biasanya dipilih untuk dijadikan aset di masa depan. Investasi properti termasuk sebagai salah satu investasi jangka panjang, karena perkembangan tiap tahunnya selalu meningkat dengan baik.

3. Memiliki Capital Gain yang Besar

Ketika ingin menjual properti lagi bisa sangat menguntungkan karena memiliki capital gain yang besar. Sebab jika ingin menjualnya, nanti akan memiliki kenaikan harga yang cukup tinggi. Hal ini belum termasuk faktor lainnya mungkin lokasi rumah yang strategis atau faktor lainnya. Sehingga mendapatkan capital gain yang besar.

4. Investasi yang Bisa Dilihat Secara Fisik

Investasi saham, reksadana, dan obligasi adalah investasi yang tidak bisa dilihat dan tidak ada wujudnya. Namun, jika memilih investasi properti maka dapat terlihat wujud dari properti tersebut. Hal ini merupakan keuntungan dari memilih investasi properti karena bisa dilihat secara pasti.

5. Dapat Dijual Kembali di Masa Depan

Keuntungan lainnya dari investasi properti adalah bisa dijadikan tabungan di masa depan. Karena jika memiliki sebuah properti maka bisa menjual di masa depan. Dengan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli maka hasil keuntungan ini dijadikan tabungan dan bisa dijadikan warisan untuk anak cucu.

6. Dapat Disewakan

Jika tidak ingin dijual dahulu dan memiliki properti yang tidak berpenghuni, maka dapat dijadikan properti sewaan saja. Jika menyewakan properti maka Anda akan mendapatkan dua keuntungan, yaitu investasi jangka panjang karena nantinya dapat dijual dengan harga yang lebih dingin dan juga dapat menjalankan investasi jangka pendek dengan dapatnya pendapatan setiap bulannya atau setiap tahunnya dari penyewa properti.

7. Kontrol Berada di Tangan Pemilik

Jika investasi saham, obligasi, reksadana atau paper asset lainnya sebagai investor tidak dapat mengontrol harganya. Berbeda dengan investasi properti, investorlah yang menentukan harga jual properti dan mengaturnya sendiri.

Harga bisa dinaikkan atau diturunkan dalam kondisi tertentu. Investor memiliki kendali penuh terhadap properti yang dimiliki. Misalnya mau menjual properti, membangun, atau memperbaiki hingga menyewakan properti yang dimiliki. (TYO)

==========

Intan Rakhmayanti Dewi
Baru Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Digugat Gara-gara Hal Ini

IDXChannel - Aplikasi foto bernama Phhhoto melayangkan gugatan untuk Meta, perusahaan induk Facebook yang baru saja melakukan rebranding. Mengutip laman The Verge, Minggu (7/11/2021), gugatan tersebut dialamatkan atas dasar antimonopoli.

Phhhoto mengklaim bahwa Meta berpura-pura tertarik untuk bekerja sama dengannya, tapi  malah mencontek fitur-fitur yang dimiliki Phhhoto dan menyembunyikan namanya dari pencarian sehingga membuat perusahaan gulung tikar.

Adapun teknologi yang dimiliki Phhhoto yakni memungkinkan pengguna menangkap lima bingkai dalam satu titik dan sekali pemotretan. Selanjutnya hasil foto ini dilingkarkan menjadi video pendek untuk dibagikan ke platform-nya maupun di Instagram.

Menurut Phhhoto, salah satu produk Meta, yakni Instagram menyalin fitur utama milik Phhhoto dan merilisnya sebagai Boomerang di Instagram pada 2015.

Saat itu Instagram memblokir Phhhoto dari API Instagram dan dari unggahan Instagram.

"Tindakan Facebook dan Instagram menghancurkan Phhhoto sebagai bisnis yang layak dan merusak prospek investasi perusahaan," kata Phhhoto dalam gugatan yang diajukan mereka di Pengadilan Distrik AS.

Phhhoto mengklaim, kebangkrutannya merupakan akibat langsung dari perilaku anti kompetitif dari Facebook. Padahal, menurut perusahaan, Phhhoto diposisikan tumbuh menjadi media sosial besar, sama dengan perusahaan yang tidak dicampuri oleh Facebook.

Phhhoto yang diluncurkan pada 2014 dan tutup pada 2017, mengklaim memiliki 3,7 juta pengguna aktif bulanan. Selebritas seperti Beyonce, Joe Jonas, Chrissy Teigen, dan Bella Hadid disebut-sebut pernah menggunakan aplikasi ini, dan mengunggahnya ke akun Instagram masing-masing.

Phhhoto mengklaim dalam pengaduannya bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg, mantan CEO Instagram Kevin Systrom, dan beberapa karyawan Facebook lainnya mengunduh aplikasi tersebut pada Agustus 2014 dan memeriksa fitur-fiturnya.

Bryan Hurren, yang saat itu menjadi manajer kemitraan strategis di Facebook, menghubungi Phhhoto pada Februari 2015 dan mengatakan kepada perusahaan bahwa fitur tersebut sangat mengagumkan dan menawarkan untuk memasukkan teknologinya ke dalam Facebook Messenger.

Phhhoto menolak, tetapi Hurren kemudian menawarkan untuk memasukkan konten Phhhoto ke dalam Feed News pengguna Facebook. Setelah berinvestasi besar-besaran dalam proyek tersebut, Phhhoto mengatakan Hurren mengutip percakapan hukum internal yang mencegah kedua perusahaan bergerak maju.

Gugatan ini mengklaim, pada Maret 2015, pengaturan Instagram berubah sehingga pengguna Phhhoto tidak bisa menemukan teman mereka di Instagram.

Menurut klaim Phhhoto, Hurren mengatakan ke timnya, perusahaan itu kesal karena jumlah pengguna Phhhoto tumbuh berkat hubungannya dengan Instagram.

Dan saat Phhhoto meluncurkan versi Android pada Oktober 2015, Instagram tiba-tiba memperkenalkan Boomerang yang disebut Phhhoto sebagai kloningan produknya. Maret 2016, kontennya diblokir di Instagram.

Phhhoto menyebut, kecurigaannya dikonfirmasi pada 2018, ketika Parlemen Inggris merilis cache dokumen, terkait dugaan praktek anti persaingan dan pengumpulan data Facebook.

Sementara itu, juru bicara Meta dalam sebuah pernyataan mengatakan, "Gugatan ini tidak berdasar dan kami akan membela diri dengan penuh semangat." (TYO)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD