Jadi Pemegang Saham Pengendali, KB Kookmin Bank Tak Ubah Target Bisnis Bukopin

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 10 Juli 2020 13:30 WIB
Setelah resmi mengakuisisi, Kookmin Bank asal Korea Selatan resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Bank Bukopin melalui penawaran umum terbatas.
Jadi Pemegang Saham Pengendali, KB Kookmin Bank Tak Ubah Target Bisnis Bukopin. (Foto: Ist)

IDXChannel –Setelah resmi mengakuisisi, Kookmin Bank asal Korea Selatan resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Bank Bukopin melalui penawaran umum terbatas alias Right Issue. Namun ditegaskan, meski sebagai pemegang saham pengendali, KB Kookmin tidak akan mengubah target bisnis di segmentasi UMKM.

Usai menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin, KB Kookmin Bank dipastikan tidak akan mengubah target bisnis yang sudah dilakukan Bukopin selama ini di segmentasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan Purwantono menyebutkan komitmen Kookmin untuk tidak menghilangkan pola bisnis yang sudah ada.

“Terlebih bank asal Korea Selatan itu juga mengembangkan segmentasi UMKM dengan porsi yang mendekati dengan Bukopin mencapai sekitar 57%. Bahkan seluruh bank yang tersebar di 24 negara yang dimiliki berbasis UMKM dan cabang di negara kawasan Asia, hampir 90% menggarap kredit mikro.” kata Rivan seperti dikutip Video Journalist (VJ) IDX Channel Ade Firmansyah, pada Kamis (9/7/2020).

Selain UMKM, tambah Rivan, Bukopin juga berencana meningkatkan segmentasi bisnis konsumen untuk pembiayaan perumahan dengan mencermati pangsa pasar di tanah air.

“Disisi lain kita perhatian Kookmin ini mempunyai bisnis yang sama Bukopin, 57% kredit umkm dan kookmin punya 24 cabang luar negeri dan asia dan kamboja, fokus di umkm kekuatan utama ketika dilakukan korea ke umkm juga karakteristik sama ini. Bank bukopin merasa ini saatnya transfer knowledge dan langsung hadir mereka berniat menambah sampai 51% dana kapasitas ini baik khusus untuk bukopin,” ujar Rivan.

Rivan juga menambahkan selain melakukan transfer modal, KB Kookmin bank juga akan melakukan transfer teknologi kepada Bukopin sehingga bisnis menjadi lebih efisien karena lebih mengandalkan aplikasi dan agen bank. Hal tersebut termasuk tranfer pengetahuan yang dilakukan Kookmin yang diharapkan memberikan edukasi bagi manajemen termasuk dewan direksi untuk semakin mengglobal. (*)

Baca Juga