Sempat Dihentikan Sementara, ExxonMobil Siap Operasikan Blok Cepu

Market News
Shifa Nurhaliza
Senin, 28 September 2020 15:00 WIB
Produksi PT ExxonMobil Indonesia sempat dihentikan sementara untuk pemeliharaan di blok Cepu (shutdown planned).
Sempat Dihentikan Sementara, ExxonMobil Siap Operasikan Blok Cepu. (Foto: Ist)

IDXChannel – Produksi PT ExxonMobil Indonesia sempat dihentikan sementara untuk pemeliharaan di blok Cepu (shutdown planned). kini perusahaan tersebut PT ExxonMobil akan kembali mengoperasikan Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu yang berlokasi di Bojonegoro, Jawa Timur.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Susana Kurniasih menyebut proses planned shutdown tersebut bisa diselesaikan dalam tujuh hari, lebih cepat dari rencana awal sembilan hari. Kini, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) siap mengoperasikan kembali.

“Dalam kurun waktu lebih cepat dua hari dari jadwal, akan berpotensi menambah produksi 450.000 barel minyak,” katanya dilansir iNews, Senin (28/9/2020).

Menurut Susana, Blok Cepu merupakan salah satu penyumbang terbesar produksi minyak di Tanah Air. Pengoperasian blok ini sangat penting untuk memenuhi target lifting migas dalam APBNP 2020.

“Selain itu, percepatan ini juga berdampak pada penghematan biaya operasi sehingga penerimaan negara dapat kami optimalkan,” ujarnya.

Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia, Azi N. Alam mengatakan, planned shutdown telah direncanakan sejak awal dalam ada WP&B (Work, Program & Budget), sehingga tidak berpengaruh pada target produksi.

Planned shutdown, kata Azi, ditujukan untuk pemeliharaan rutin. Selain itu, pekerjaan juga mencakup peningkatan gas handling capacity dan mendukung proses pengerjaan tie-ins proyek gas Jambaran-Tiung Biru. (*)

Baca Juga