AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20116.20
-0.27%
-55.07
N225
26604.84
-0.27%
-72.96
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

Begini Lima Keseruan yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo

MILENOMIC
Tim IDXChannel
Rabu, 27 April 2022 16:01 WIB
bisa dibilang mulai sulit untuk dapat menyaksikan pertunjukan alat musik tradisional secara langsung.
Begini Lima Keseruan Yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo (foto: MNC Media)
Begini Lima Keseruan Yang Bisa Dilakukan di Saung Angklung Udjo (foto: MNC Media)

IDXChannel - Di dalam kehidupan masyarakat modern, penggunaan alat musik tradisional kian sulit ditemukan. Terlebih bagi masyarakat perkotaan, saat ini bisa dibilang mulai sulit untuk dapat menyaksikan pertunjukan alat musik tradisional secara langsung.

Tak terkecuali untuk jenis alat musik tradisional angklung. Namun jangan khawatir, ada sebuah tempat wisata yang secara khusus dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat yang ingin tahu lebih jauh tentang alat musik tradisional angklung.

Adalah Saung Angklung Udjo yang setia menyuguhkannya. Saung Angklung Udjo yang berada di Jalan Padasuka Nomor 118, Bandung, Jawa Barat, masih setia menggelar pertunjukan alat musik yang terbuat bahan bambu tersebut.
Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Frekuensi angklung bisa mengusir hama padi.

Di Saung Angklung Udjo, Anda bisa menikmati indahnya lantunan suara dari alat musik yang ditemukan oleh Daeng Soetigna itu. Menariknya lagi, angklung tersebut dimainkan oleh remaja dan anak-anak. 

Pimpinan Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengatakan, meski memiliki konsep wisata budaya, namun tak jarang turis asing yang menyambangi tempat ini. Selain itu, pelajar dari luar kota juga kerap datang menyaksikan pertunjukan angklung dan wayang golek.

"Yang datang paling banyak dari Belanda, Jerman, dan negara Eropa lainnya,” ujarnya, kepada MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Saung Angklung Udjo, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menikmati Pertunjukan Angklung
Saung Angklung Udjo terkenal dengan pertunjukan seni tradisionalnya. Pertunjukan yang berlangsung di saung ini bahkan sudah terkenal di kalangan turis mancanegara. Dalam pertunjukan tersebut, wisatawan dapat menyaksikan demonstrasi wayang golek, Upacara Helaran, seni tari tradisional, dan pertunjukan angklung.

Menikmati Suasana Alam
Saung Angklung Udjo memadukan suasana tradisional dan kondisi alam yang masih hijau. Tempat pertunjukan pun dibangun dengan mamadukan dua konsep tersebut. Wisatawan dapat berkeliling di sekitar kawasan tersebut sambil berfoto atau sekadar menikmati suasana asri.

Belanja Suvenir
Toko suvenir di Saung Angklung Udjo terbilang cukup lengkap. Wisatawan dapat menjumpai berbagai pernak-pernik, mulai dari angklung ukuran besar, gambang, kujang, kendang, hingga gantungan kunci.

Berburu Kuliner khas Sunda
Wisatawan dapat menjumpai restoran di kawasan Saung Angklung Udjo. Restoran tersebut menyajikan kuliner khas Sunda. Salah satu restoran yang dapat dijumpai di kawasan tersebut adalah Dapoer Angklung. Restoran ini menyediakan beragam menu, seperti nasi timbal, nasi bakar, dan ikan gurame bakar. 

Mengikuti Pelatihan Angklung
Tak hanya sekedar menyaksikan pertunjukan, wisatawan juga bisa melihat dan balajar secara langsung mengenai proses pembuatan Angklung. Workshop digelar untuk melestarikan sekaligus mengenalkan kesenian Sunda, khususnya Angklung pada masyarakat secara luas.

Memberikan pengalaman berwisata sekaligus mengenal budaya, menjadikan Saung Angklung Udjo kerap diburu wisatawan, bahkan turis asing. Jika Anda tertarik, segera booking tiket masuknya di Mister Aladin. Dengan harga Rp125.000, Anda sudah bisa mendapatkan 2 tiket alias dapat Promo Buy 1 Get 1!

Promo ini berlaku untuk weekday dan weekend. Pastikan Anda cek ketersediaan terlebih dahulu sebelum membelinya ya! Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini: https://www.misteraladin.com/explore/product/tiket-masuk-saung-angklung-udjo atau download aplikasi Mister Aladin di Google Play Store dan App Store. (TSA)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD